Rabu, 02 November 2011

Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pembina Salatiga

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Penelitian
TK Aisyiyah Pembina adalah taman kanak-kanak yang ada di daerah kota Salatiga, yaitu di Jalan Suropati No 14 Togaten Kelurahan Mangunsari Kec. Sidomukti.
TK ini sebelumnya adalah TK Aisyiyah biasa, kemudian pada tahun 2007 disempurnakan menjadi TK Aisyiyah Pembina. TK Aisyiyah Pembina adalah satu atap sekaligus satu yayasan dengan SD Muhammadiyah Plus Salatiga.
Adapun visi dan misi Aisyiyah Pembina adalah :
Visi     :    Terwujudnya kesiapan anak usia 4-5 tahun dalam memasuki pendidikan lebih lanjut sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Misi :
  1. Mengembangkan potensi anak sedini mungkin
  2. Mengembangkan kecerdasan majemuk pada anak
  3. Membiasakan anak menjalankan kehidupan beragama sehari-hari
Sebagai taman kanak-kanak yang berkarakter Islamiyah, TK ini sangat menonjol dalam kegiatan pengembangan nilai-nilai agamanya, diantaranya adalah kegiatan praktek sholat.
Pendidikan nilai-nilai agama dan moral pada program PAUD merupakan pondasi kokoh dan penting keberadaannya. Jika hal itu telah tertanam serta terpatri dengan baik bagi insani sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya.
Program S1 PG PAUD Universitas Terbuka menargetkan mahasiswa menjadi pendidik PAUD yang profesional yaitu dapat mengembangkan program PAUD, dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah analisa kegiatan pengembangan anak usia dini.
Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut, maka telah dilakukan penelitian di TK Aisyiyah Pembina yang bertujuan mengumpulkan data melalui kegiatan-kegiatan aak yang dianggap perlu diteliti lebih lanjut, untuk selanjutnya dianalisa secara kritis khususnya pembelajaran di TK Aisyiyah Pembina.

B.    Fokus Penelitian
Setelah dilakukan observasi di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pembina, maka peneliti memfokuskan pada salah satu kegiatan anak yaitu : kegiatan pengembangan nilai-nilai agama melalui kegiatan praktek sholat di TK Aisyiyah Pembina.

C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.    Mengumpulkan data mengenai proses :
  • Pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai agama sebagai pembentuk perilaku beribadah terhadap Tuhan di TK Aisyiyah Pembina
  • Tujuan pendidik melakukan kegiatan tersebut
  • Dicanangkan pendidikan agama usia dini oleh menteri agama Muhammad Maftuh Basyuni tahun 2009
2.    Membuat analisis kritis [critical analysis] mengenai kegiatan tersebut.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat untuk :
  1. Memberi masukan terhadap kegiatan pengembangan anak di TK Aisyiyah Pembina
  2. Melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian kelas
  3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisa suatu kegiatan anak di taman kanak-kanak