Sabtu, 12 November 2011

Kesenian Kuda Lumping Krida Budaya Purworejo

Sekilas Group Kesenian Krida Budaya Purworejo

KRIDA BUDAYA PURWOREJO berdiri pd tahun 1991, Makna dari KRIDA BUDAYA adalah, kiprah para muda ing babagan kabudayaan... KRIDA BUDAYA adalah salah satu grup kesenian jaran kepang(kuda lumping) yang ada di kabupaten Purworejo. Krida Budaya yang beralamatkan di desa Soko, Kec. Bagelen Kab. Purworejo Jawa Tengah Indonesia, demikian tutur sesepuh group kesenian ini.
Diantara prestasi-prestasi yang pernah diraih Group Kesenian Krida Budaya Purworejo adalah sebagai berikut:
  1. Juara 1 tingkat kecamatan Bagelen
  2. 2X juara 1 tingkat kabupaten Purworejo
  3. Juara 2 se Karisidenan Kedu
  4. Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah
Selain dari pada itu KRIDA BUDAYA PURWOREJO juga pernah mengikuti event-event kesenian besar, antara lain mengikuti ajang DUTA SENI PELAJAR se-Jawa_Bali bersama Sanggar Tari Prigel..

Group Kuda Lumping Krida Budaya Purworejo berdiri dengan kurang lebih 30 (tiga puluh) anggota yang meliputi penari, pengrawit, pelatih dan ofisial. Penari dan pengrawit adalah anggota Kelompok Kesenian Kuda Lumping "Krida Budaya" asal Desa Soko, Kecamatan Bagelen dengan penata tari Purnomo Riyanto. (Budaya Purworejo)

Tari Pembukaan atau Tari Pambuko merupakan salah satu kreasi tari dari Group Kuda Lumping Krida Budaya Purworejo. Pada saat pementasan Kuda Lumping, tari inilah yang pertama kali dihadirkan dari serangkaian kreasi tarian yang dimiliki Group Kuda Lumping dari Krida Budaya  Purworejo dipentaskan.

Cuplikan Video Tari Pembukaan
Group Kuda Lumping Krida Budaya Purworejo

video

Demikian sedikit review tentang Group Krida Budaya Purworejo, Semoga bermanfaat.
Klik di sini untuk Download Video