Sabtu, 24 Desember 2011

Pengaruh Bimbingan Keagamaan Guru Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa


ABSTRAK

Anjarsari, 2011. Pengaruh Bimbingan Keagamaan Guru terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Kelas VIII di SMP Islam Sudirman Kaloran. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Pembimbing : Dra. Hj. Lilik Sriyanti, M. Si.
Kata kunci : Bimbingan Keagamaan Guru dan Tingkat Kenakalan Siswa
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui tingkat bimbingan keagamaan guru terhadap tingkat kenakalan siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman Kaloran. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Bagaimana tingkat bimbingan keagamaan guru di SMP Islam Sudirman Kaloran tahun 2011. 2. Bagaimana tingkat kenakalan siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman Kaloran tahun 2011. 3. Adakah pengaruh bimbingan keagamaan guru terhadap tingkat kenakalan siswa di SMP Islam Sudirman Kaloran tahun 2011.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Kaloran, sebanyak 29 siswa.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat bimbingan keagamaan guru di SMP Islam Sudirman Kaloran yang memperoleh kategori tinggi sebanyak 52%, kategori sedang sebanyak 41% dan kategori rendah sebanyak 7%. Sedangkan tingkat kenakalan siswa yang memperoleh kategori tinggi sebanyak 48%, kategori sedang sebanyak 45% dan kategori rendah 7%.
Setelah dianalisis menggunakan product moment diperoleh nilai rxy sebesar -0,019, pada taraf signifikan 1%, r = 0,470. Dari hasil Nampak rxy lebih kecildari r table maka dapat dikatakan ada pengaruh negatif antara bimbingan keagamaan guru terhadap tingkat kenakalan siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman Kaloran.


DAFTAR ISI

BAB I    PENDAHULUAN
B.     Tingkat Kenakalan Siswa
1.      Pengertian Kenakalan Siswa
2.      Sebab-sebab Kenakalan Siswa
3.      Usaha-usaha Menanggulangi Kenakalan Siswa
C.     Pengaruh Bimbingan Keagamaan terhadap Tingkat Kenakalan
      Siswa
BAB III HASIL PENELITIAN
A.     Gambaran Umum Lokasi dan Subjek Penelitian
1.      Sejarah Singkat Berdirinya SMP Islam Sudirman
2.      Letak Geografis dan Keadaan Bangunan
3.      Struktur Organisasi
4.      Sarana dan Prasarana
5.      Keadaan Guru
a.       Keadaan Karyawan
b.      Keadaan Siswa
c.       Kegiatan Ekstrakulikuler
B.     Penyajian Data
1.      Daftar Nama Responden
2.      Data Hasil Jawaban Angket
BAB IV ANALISIS DATA
A.     Analisis Deskriptif
1.      Analasis Pertama
2.      Analisis Kedua
B.     Pengujian Hipotesis
C.     Pembahasan   
BAB  V PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.     Saran