Skenario Perbaikan Pembelajaran di PAUD ~ Paxdhe Mboxdhe
Jumat, 02 Desember 2011

Skenario Perbaikan Pembelajaran di PAUD

SKENARIO PERBAIKAN
Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berkomunikasi
Melalui Kegiatan Bercakap-cakap di TK Kartika IX-24
 
Tujuan Perbaikan    :    Meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap di TK Kartika IX-24
Siklus ke                :    I
Hari/ Tanggal         :    Senin, 26 September 2011

Hal yang diperbaiki/ ditingkatkan
1.    Kegiatan Pengembangan; Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap. Dalam SKH I ini anak-anak diajak untuk bercakap-cakap mau ditinggal ibu dan bercakap-cakap tentang rumah (gunanya).

2.    Pengelolaan Kelas; Penataan ruang :
a.    Penataan ruang diubah area depan kosong lebih luas
b.    Pengorganisasian anak; posisi anak-anak duduk di karpet

Langkah-langkah perbaikan
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap. Dalam SKH I ini anak-anak akan diajak bercakap-cakap tentang mau ditinggal ibu. Berikut langkah-lankah dalam proses perbaikan :
  1. Guru bertanya kepada anak siapa yang masih ditunggu? Anak-anak diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan guru secara bergantian.
  2. Guru bertanya kepada anak siapa yang mau ditinggal? Anak-anak diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan secara bergantian.
  3. Guru memberikan penghargaan kepada anak-anak yang mau ditinggal.
  4. Guru memancing anak agar anak mau bercakap-cakap tentang mau ditinggal ibu dengan cara bertanya kepada anak. Misal : Kalau ibu pulang, ibu bisa menyelesaikan pekerjaan yang ada di rumah, coba sebutkan apa yang bisa dikerjakan ibu!
  5. Guru memberikan kesempatan kepada anak yang mau menjawab terlebih dahulu.
  6. Secara klasikal guru memberikan beberapa nasehat untuk anak-anak yang belum mau ditinggal.
Kegiatan Pengembangan
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak berkomunikasi dalam kegiatan bercakap-cakap. Dalam SKH I ini anak-anak akan diajak bercakap-cakap tentang “rumah”.
 
Rancangan Kegiatan Pembelajaran
1)    Guru menunjukkan gambar rumah anak memperhatikan
2)    Guru bertanya tentang gunanya rumah
3)    Anak diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan guru
4)    Guru menjelaskan gunanya rumah secara klasikal
5)    Guru menyuruh anak untuk menirukan ucapan guru tentang gunanya rumah

Pengelolaan kelas
Anak, anak diajak duduk di bawah dengan beralaskan karpet untuk bercakap-cakap tentang mau ditinggal ibu dan rumah.