29/01/12

Cara Menambahkan Proof Bahasa Indonesia pada Ms. Office Word

Mengurangi Kesalahan Ketik dengan Menambahkan Spelling and Grammar Bahasa Indonesia pada Ms. Office
Fungsi Spelling and Grammar di Ms. Office Word
Fitur Spelling dan Grammar akan sangat membantu kita dalam hal penulisan yang sesuai dengan EJD. Ketika menuliskan kata yang salah, maka di bawah kata tersebut akan terdapat garis zigzag berwarna merah. Dan jika terjadi kesalahan dalam tata bahasanya, maka yang muncul di bawah kalimat tersebut adalah garis zigzag berwarna hijau. Dengan demikian akan mudah bagi kita untuk memperbaiki ejaan dan tata bahasa yang benar sehingga kesalahan dalam menulis bisa dikurangi. 
Penggunaan spelling and grammar adalah cara termudah bagi kita yang sering menulis (mengetik dengan Ms. Office Word) untuk mengontrol apakah kata yang kita ketik sudah benar atau masih salah. Fitur Spelling bawaan Ms.Office merupakan Kamus Kata dalam bahasa Inggris, sehingga apapun yang anda ketik dalam bahasa Indonesia akan tampil di bawah kata tersebut akan terdapat garis zigzag berwarna merah. Kata bergaris merah yang seharusnya menandakan kesalahan penulisan tidak lagi berfungsi di Ms. Office jika kita belum menginstal kamus bahasa Indonesia. Oleh karena itu, agar Ms. Office Word juga mendeteksi ejaan dan tata bahasa Indonesia maka perlu  anda lakukan sedikit trik berikut.

Memperbaharui Spelling and Grammar dengan Menambahkan Proof Bahasa Indonesia
Dengan bantuan Proof Berbaahasa Indonesia berikut, kita dapat menambahkan daftar kata Berbahasa Indonesia di Ms.Office Word, sehingga fitur Spelling and Grammar juga akan berfungsi saat kita mengetik kata/ kalimat berbahasa Indonesia.

Untuk menambahkan kosa kata bahasa Indonesia dalam Ms.Office Word berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
  • Langkah pertama Download Proof Bahasa Indonesia
  • Extrak file yang telah didownload (lalu copy semua hasil extrakan tadi)
  • Pada Ms. Office Word, anda masuk Menu Tools – Options - Spelling and Grammar
  • Pilih Tab Spelling and Grammar
 proof untuk microsoft office word
  • Klik tombol Costume directories
 menghilangkan garis zigzag merah saat mengetik
  • Tambahkan ke empat file hasil extract tadi dengan klik new - browse - buka dimana lokasi file, dan pilih satu-satu, begitu seterusnya sampai keempat file tadi telah ditambahkan semua dalam Ms.Office Word.
cara menambahkan kamus pada ms office word 










Cara Menambahkan Proof Bahasa Indonesia
Kalau Anda tidak mau ribet dengan menambahkannya satu per satu, anda bisa coba langkah berikut :
Masuk ke : Direktory System, Misal : System kita di Drive C, maka buka C - Document and Setting - Users yang anda gunakan - Application Data - Microsoft - Proof, buka folder proof, dan pastekan semua hasil exstrakan tadi di folder tersebut.

Nah, bagi anda yang menggunakan OS Windows 7 silahkan paste proof yang ke folder : System (C) - Users (Pilih User yang anda Gunakan) - AppData - Roaming - Microsoft - Proof.

mengubah bahasa pengetikan ms word















Selanjutnya beri tanda centang pada kamus yang telah Anda tambahkan dengan maksud mengaktifkan kamus tersebut. Langkah masih seperti di atas, Ms.Office Word - Tools - Options - Spelling and Grammar (Nah, beri centang semua DIC yang ada di situ dengan meng-klik).
Sudah, kamus telah ditambahkan di Ms.Office Word anda.

Berhasil gak yaa....??
Untuk memastikan proof yang anda tambahkan berhasil, maka bisa anda coba dengan mengetikkan kata berbahsa Indonesia. Bila anda sudah berhasil, maka kata yang anda tulis tidak lagi akan menampilkan garis bawah zigzag merah di kata yang anda ketik. Bila kata yang seharusnya benar menurut EJD masih bergaris bawah zigzag merah, anda bisa menambahkan kata tersebut dengan cara klik kanan pada kata yang anda tulis dan pilih add to dictionary.

Yaah... sedikit tips, semoga memberikan manfaat bagi semua ......

5 Comments

avatar

mantap gan tapi password aksesnya apa gan di 4hared, ane mu ijin ngunduh. thanks alot

avatar

Passwordnya apa nih?

avatar

weladallah.... coba *paxdhe*

avatar

modif ini, dampaknya Bhs Inggrisnya ikut ancurrrrr

avatar

Ancur gmn gaan?

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon