09/05/14

Cara Mengcopy Windows ke Hard Disk Baru

Bermula dari rasa lelet yang ditimbulkan Hard Disk dengan kapasitas kecil dan memang sudah berumur, pada kesempatan kali ini kami coba untuk berbagi mengenai Cara Copy System Windows ke Hard Disk baru tanpa melakukan instal ulang.

Setelah capek  di browsing di Mbah Google, akhirnya dapet juga XXClone - freeware (gratis) untuk mengcopy OS ke Hardisk baru. Sesuai dengan namanya, software ini berguna untuk Cloning Hard Disk, memindahkan isi (file-file) harddisk ke harddisk baru, xxClone mampu memindahkan Operating System Windows ke harddisk baru tanpa instal ulang. Bagi Anda yang ingin mencoba, silahkan search di Mbah Google atau klik link download pada bagian akhir posting ini.

cara memindahkan OS windows ke harddisk baru

Cara menggunakan XX-Clone cukup mudah, tinggal setting Drive System Windows (harddisk lama) misal drive C, dan setting target Drive (harddisk baru) misal E, lalu klik Start tunggu hingga proses selesai.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa poin yang mesti Anda perhatikan sebelum menggunakan freeware ini, diantaranya adalah:
  1. Setting Master - Slave HardDisk. Dalam pemasangan harddisk lama dan harddisk baru, silahkan diperhatikan pemasangan jumper master - slave pada harddisk Anda. Pastikan kedua harddisk terdeteksi dan dapat diakses di windows explorer. 
  2. Uninstal Deep Freeze. yaps, demi kelancaran bersama.. heheJika pada OS lama Anda menggunakan software DeepFreeze silahkan uninstal terlebih dahulu sebelum menggunakan XXClone. Walaupun DeepFreeze sudah di dissable ternyata saat Windows dicopy ke harddisk baru dan hendak diaktifkan, Deepfreeze tetap berjalan tetapi icon deep freeze tidak muncul alias deepfreeze error. Sulit untuk memperbaiki deepfreeze hasil clonning meskipun dengan uninstal deepfreeze atau menginstal deepfreeze versi terbaru.Jadi, untuk lebih mudahnya silahkan clonning Windows ke harddisk baru tanpa deep freeze, kemudian jalankan Windows di harddisk baru, kalau memang dirasa sudah stabil silahkan instal deep freeze jika diperlukan.

SEKIAN:
Semoga bermanfaat, segala kekurangan murni karena keterbatasan saya. Untuk itu, sebagai penutup, kalau artikel sulit Anda pahami, mengalami masalah, ingin bertanya, silahkan Tunjuk Jari dan buatlah coretan pada form komentar di bawah ini.
Thank's wat yang murah jempol & shared this*

2 Comments

avatar

makasih infonya, kalo hardisk uda pernah di pakai gemana bisa gak?

avatar

bisa lah gaan... cobain ja, semoga berhasiL

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon