Cara Memperbaiki Flashdisk yang Error ~ Paxdhe Mboxdhe
Rabu, 05 Desember 2012

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Error

Sebuah hal yang sangat menjengkelkan apabila kita harus kehilangan data dikarenakan flashdisk yang rusak, hang atau flashdisk tidak dapat dibuka, sedangkan kita sudah tidak mempunyai back_up data tersebut. Keadaan yang semacam ini sering membuat beberapa orang merasa putus asa sehingga dengan berat hati mereka mengulangi pekerjaan yang sebelumnya sudah dilakukan.

Jika data tersebut bukanlah data yang penting atau tidak terlalu penting  maka masalah ini akan segera teratasi dengan melakukan format pada flashdisk. Akan tetapi, jika data tersebut begitu penting, seperti data skripsi, tesis, atau disertasi, maka resiko kehilangan data membuat beberapa orang berpikir panjang untuk langsung memformatnya, mereka lebih memilih untuk mencari cara agar data tersebut terselamatkan.

Meskipun sudah banyak master yang telah membahas bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki flashdisk yang rusak, flashdisk hang, flashdisk tidak bisa dibuka bahkan memperbaiki flashdisk yang sudah tidak dapat diformat.Namun tidak semua orang mau atau berani melakukannya karena merasa tidak yakin datanya  akan terselamatkan.

Nah, bagi anda yang kebetulan mengalami hal demikian, jangan terburu-buru putus asa, mengulangi pekerjaan, atau memformat flashdisk. Tidak ada salahnya jika anda mencoba baberapa trick agar data anda terselamatkan. Perlu dipahami terlebih dahulu apa penyebab kerusakan flashdisk tersebut agar tahu ada atau tidaknya kemungkinan flashdisk anda terselamatkan dan anda tidak melakukan hal yang sia-sia.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang menyebabkan flashdisk rusak, diantaranya adalah:
  • Kesalahan Pemasangan Panel USB Depan
Inilah kesalahan fatal yang kadang terjadi pada komputer rakitan sendiri. Pemasangan panel USB depan yang tidak tepat (urutan pin socket untuk USB depan pada Motherboard) dapat menimbulkan kerusakan pada flashdisk. Kerusakan inilah yang susah diperbaiki, karena penyebabnya adalah terjadinya konsleting pada flashdisk sehingga flashdisk tidak dapat digunakan lagi. Walaupun kerusakan ini cukup parah, jangan putus asa, silahkan check flashdisk dengan memasangnya pada USB belakang atau pada USB komputer lain.
  • Terlalu Sering Mencabut Flashdisk tanpa Melepas (eject) Terlebih Dahulu
Tidak semua orang memperhatikan hal ini, sehingga seringkali flashdisk hang gara-gara melepas flashdisk yang masih digunakan, atau ada proses pada windows yang menggunakan file atau data dari flashdisk. Pencabutan flashdisk secara paksa juga dapat menimbulkan kerusakan pada file seperti data word, foto, dsb. Mencabut flashdisk tanpa eject terbelih dahulu juga dapat menyebabkan rusaknya flashdisk sehingga berubah property flashdisk menjadi RAW atau flashdisk minta diformat. 
  • Komputer BerVirus
Komputer yang menjadi sarang ternak virus tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penyebab kerusakan flashdisk. Beberapa virus menggunakan flashdisk sebagai media penyebaran virus tersebut. Hal ini seringkali ditandai dengan property flashdisk penuh meskipun data yang tersimpan hanya sedikit.
Demikian penjelasan mengenai penyebab kerusakan flashdisk yang seringkali terjadi, berdasarkan kriteria di atas dapat anda putuskan bagiamana cara untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:
  • Check Disk. Klik kanan pada Flashdisk drive, dan lakukan check disk. Misal jika flashdisk berada di drive F, maka : F klik kanan - Properties pada tab Tools klik Check Now dan beri tanda centang pada Automatically fix file system errors lalu klik start, tunggu hingga proses berlangsung.

  • HDD Scan atau HDD Tune. Anda juga dapat mengatasinya dengan menggunakan tool ini, pilih drive flashdisk lalu jalankan hingga proses selesai.
 
  • Jika data di dalam flashdisk bukanlah data yang penting adalah dengan memformatnya. Klik kanan pada flashdisk lalu format. Namun ini beresiko anda akan kehilangan data anda.
  • Low Level Formating,  ini hanya disarankan bagi flashdisk yang memang benar-benar sudah tidak teratasi dengan cara di atas. Tool ini akan menghapus data secara permanen, pastikan dimana letak drive flashdisk anda, kemudian jalankan tool ini. 
 

Demikian beberpa faktor penyebab kerusakan flashdisk atau USB berikut cara mengatasinya, semoga artikel yang singkat ini bermanfaat bagi anda, khusunya yang mengalami masalah kerusakan pada flashdisk.