Download dan Setting Squid Proxy

Menggunakan Proxy merupakan salah satu cara termudah untuk menghemat bandwith dan mempercepat loading halaman. Proxy yang saya maksud di sini tidak lain adalah "Squid Proxy" yang cara kerjanya membuat cache dari Internet ke jaringan lokal kita sehingga jika di lain waktu kita mengakses data yang sama, maka data tersebut akan diambil dari jaringan lokal sehingga akan sangat menghemat bandwith Internet.

Sesuai judul "Download Squid Proxy" yang saya bagikan di sini adalah squid modifikasi dari Kang Meez. 

Langkah Instalsi dan Cara Setting Squid Proxy
  1. Pertama, silahkan download terlebih dahulu Squid Modifcation
  2. Extract hasil download di Drive "C" atau Drive System 

     download squid proxy
  3. Buatlah Directory atau "new folder" di drive "D" dengan nama "squid" tanpa petik squid folder, tempat dimana cache (file yang telah di load) akan disimpan.
  4. Langkah selanjutnya, jalankan "instal.batch"  (double click)  pada folder squid yang sudah Anda extract. Silahkan tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai. (jika terjadi kegagalan instal, pastikan kembali anda telah membuat folder squid *langkah 4* dan klik "services.batch", dan ulangi installasi)
  5. Untuk memastikan proses instalasi berhasil, silahkan buka folder squid yang telah anda buat tadi dalam folder squid yang dibuat tadi akan terlihat folder cache seperti terlihar pada gambar
cara memasang squid proxy 


Dengan begitu, berarti... tahap instalasi sudah selesai !!
SELAMAT!
Jangan senang dulu, Hehe,, Langkah di atas baru dalam tahap instalasi Squid.
Selanjutnya silhakan setting web-browser Anda, Simak Langkah Selanjutnya !!