Implementasi Kurikulum SD IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

ABSTRAK
Rohman, Abdul.  2010. Implementasi Kerikulum SD IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SD IT Izzatul Islam Getasan, Kab. Semarang Tahun Ajaran 2009-2010). Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M. Pd.

Kata kunci : Kurikulum dan Implementasi dalam Pembelajaran PAI

            Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui kurikulum yang diguanakan di SD IT serta imlpementasinya dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) bagaimana kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran PAI?, (2) bagaimana implementasi kurikulum SD IT dalam pembelajaran PAI?, dan (3) bagaimana evaluasi implementasi kurikulum dalam pembelajaran PAI di SD IT?.
            Untuk menjawab ke tiga pertanyaan di atas maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk memperoleh dan mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
            Berdasarkan dari hasil penelitian dan pegolahan data serta analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kurikulum yang dikembangkan di SDIT terdiri dari KTSP dan IT yang yang dirancang untuk menciptakan iklim pendidikan yang bernuansa umum (KTSP) dan Islami (IT). Terkait dengan implementasi kurikulum SDIT terhadap pembelajaran PAI, maka sistem yang digunakan adalah pengkolaborasian antara dua kurikulum (KTSP dan IT). Implementasi tersebut dapat terlaksana dengan terlebih dahulu mempersiapkan instrumen pembelajaran. seperti halnya dengan mempersiapkan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun persiapan secara praktek, para guru menyesuaikan dengan materi ajar. Sistem evaluasi kurikulum meliputi evaluasi terhadap peserta didik, pendidik, dan kepala sekolah. sistem evaluasi kurikulum terhadap peserta didik dalam pembelajaran PAI meliputi penilaian dari ranah afektif, kognitif dan psikomotorik, evaluasi yang dilakukan bagi pendidik adalah dengan adanya wajib mengumpulkan RPP dalam satu minggu sekali sebagai acuan dalm kegian belajar mengajar.dan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah sebagi pengawas adalah dengan adanya rapat tahuanan yang membahas dan mengkaji hasil laporan dari setiap bidang.