Aplikasi untuk HP Symbian dan Java

Kasus yang sering terjadi adalah seseorang tidak bisa menginstal aplikasi yang telah ia unduh sedangkan untuk mendapatkannya ia memerlukan waktu lama dan biaya yang cukup mahal. Mengapa software tersebut tidak bisa dibuka atau diinstal di handphone tidak lain karena format aplikasi software tersebut tidak tepat. Untuk itu, perlu kiranya bagi anda untuk memahami beberapa jenis ekstensi aplikasi yang ada agar anda dapat menentukan aplikasi mana yang cocok dengan HP anda dan tidak terjadi masalah dalam penginstalan aplikasi tersebut.

Perbedaan Ekstensi Aplikasi untuk HP Symbian dan Java
Bagaimana cara menentukan apakah hand phone anda bersistem Symbian atau Java?
Untuk mengetahui type hape anda symbian atau java sangatlah mudah, anda dapat membedakannya dengan melihat spesifikasi masing-masing type HP.

Ciri khas HP Symbian secara garis besar adalah sebagai berikut:
  1. Mendukung multitasking layaknya sebuah PC (komputer/ laptop) yang memungkinkan anda untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan.
  2. Support dua macam ekstensi installer, yaitu format installer untuk handphone java (.jad / .jar) dan format installer untuk handphone symbian sendiri (.sis).
  3. Menu bisa diatur sendiri. Anda dapat mengedit tampilan menu sesuai dengan keinginan anda.
  4. Siap penambahan aplikasi dari pihak ketiga, karena sistem operasinya terbuka.
Baca Referensi
Dari review mengenai HP Symbian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa handphone yang tidak memenuhi kriteria di atas adalah handphone berjenis Java.


Handphone dengan system Java hanya mendukung format aplikasi (.jad / .jar). Sedangkan HP Symbian mampu membuka format installer untuk handphone java (.jad / .jar) dan format installer untuk handphone symbian sendiri (.sis).

Nah, jika anda sudah mengetahui jenis handphone anda Symbian atau Java dengan mudah anda dapat memilih aplikasi mana yang cocok untuk HP anda.