Korban Letusan Gunung Kelud

Erupsi Gunung Kelud tak hanya menjadi penderitaan bagi warga Kediri. Beberapa kota yang terletak jauh dari Gunung Kelud pun turut merasakan betapa dahsyatnya Letusan Gunung Kelud yang terjadi Kamis, 14 Februari 2014. Termasuk beberapa kota di Jawa Tengah seperti Jogja, Klaten, Magelang, Purworejo, bahkan Kebumen dan sekitarnya pun ikut merasakan guyuran Hujan Abu akibat Gunung Kelud Meletus.

Hingga hari ini, kota kabupaten kami Purworejo masih dipenuhi dengan Abu Kiriman dari Gunung Kelud. Beberapa desa terlihat suram dengan warna khas Abu-abu dan pemandangan tidak segar dari dedaunan yang tidak lagi hijau. Selain itu, jalan-jalan yang dipenuhi dengan Abu Vulkanik juga menjadi sangat mengganggu aktivitas masyarakat, baik bagi pengendara kendaraan bermotor maupun penduduk sekitar. Untuk menghindari efek negatif dari Abu Gunung Kelud tersebut warga menggunakan masker dan kacamata dalam beraktivitas. Pihak Pemda dan masyarakat saling bergotong royong (bekerja bakti) membersihkan  jalan raya agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Beberapa sekolah terpaksa memulangkan siswa-siswi lebih awal setelah meliburkan mereka saat Hujan Abu memaksa pihak sekolah untuk menghentikan Kegiatan Belajar Mengajar karena kondisi yang tidak memungkinkan. Untuk beberapa hari ini beberapa sekolah di kabupaten Purworejo memilih untuk melakukan kerja bakti membersihkan halaman agar dapat digunakan untuk KBM kembali.

abu vulkanik kiriman gunung kelud

Yah, semoga keadaan ini cepat membaik, debu-debu dapat segera dibereskan dan aktivitas warga dapat normal kembali, dan pastinya anak-anak dapat mengikuti KBM seperti hari-hari sebelumnya.