Manajemen Perpustakaan Sekolah

Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan dalam bahasa Indonesia berasal dari kata pustaka yang berarti kitab atau buku. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah library yang berasal dari bahasa latin yaitu liber atau libri yang artinya buku.

Menurut Random House Dictionary of the English Language :
Perpustakaan adalah suatu tempat berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku-buku dan bahan-bahan lain untuk bacaan, studi maupun rujukan.
Berdasarkan tugas dan fungsinya, perpustakaan merupakan tempat menyimpan, mengolah, dan mencari informasi dimana informasi tersebut dapat berbentuk bahan bacaan tercetak (buku, jurnal, referensi) maupun bahan bacaan dalam bentuk elektronik (elektronik book, elektronik jurnal, dan bahan bacaan bentuk elektronik).

Tugas perpustakaan adalah menyediakan layanan informasi untuk kepentingan masyarakat, baik masyarakat ilmiah (pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan peneliti) maupun masyarakat luas disekitarnya. 

Tugas Perpustakaan adalah :
  1. Mengumpulkan, menyimpan dan menyediakan informasi dalam bentuk tercetak maupun elektronik
  2. Menyediakan informasi yang dapat diakses lewat internet
  3. Terus memperhatikan kemajuan zaman dan teknologi
  4. Harus mampu menjadi jembatan informasi masa lalu, kini dan masa depan
  5. Perpustakaan harus efektif dan inovatif

Fungsi Perpustakaan yaitu:
  1. Fungsi Edukatif, yaitu sebagai tempat belajar mandiri.
  2. Fungsi Informatif, artinya informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat dicari di perpustakaan.
  3. Fungsi Penelitian, artinya sumber informasi yang digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian
  4. Fungsi Kultural perpustakaan memiliki dan menyediakan bahan tercetak maupun elektronik yang menyajikan kebudayaan daerah, kebudayaan suatu bangsa maupun kebudayaan antar bangsa.
  5. Fungsi Rekreasi, pengguna dapat mencari koleksi yang bersifat popular dan menghibur.
Untuk memenuhi kebutuhan para pengguna, perpustakaan harus menyediakan berbagai informasi sehingga harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Koleksi perpustakaan yang baik harus dapat mendukung secara tepat kebutuhan-kebutuhan para penggunanya.
Agar pelayanan perpustakaan dapat berjalan dengan baik dibutuhkan manajemen yang baik. Manajemen Perpustakaan Sekolah mencakup :
  1. Perencanaan ( Planning), Menentukan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang harus dilakukan, bentuk organisasi yang sesuai untuk mencapai tujuan.
  2. Pengorganisasian (Organizing), Penetapan struktur peran-peran melalui penentuan aktifitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
  3. Pengisian jabatan (Staffing), Pengisian jabatan dalam organisasi dengan cara mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja yang ada, merekrut, memilih, menempatkan promosi, menilai, memberi imbalan dan melatih orang yang diperlukan.
  4. Pengarahan (Directing), Memimpin dan mengawasi orang- orang bawahan atau subordinat.
  5. Pengawasan (Controlling), Tujuannya adalah untuk menemukan kelemahan dan kesalahan, kemudian diluruskan serta menjamin bahwa kelemahan dan kesalahan tersebut tidak terulang.