Sekolah Rintisan Adiwiyata

Sekolah Rintisan Adiwiyata
Progam Adiwiyata kini kembali digalakkan. Beberapa sekolah Rintisan Adiwiyata diikutsertakan dalam lomba Adiwiyata Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional untuk memperebutkan Tropi Adiwiyata dari Presiden. Semua hal yang berhubungan dengan Pelestarian Lingkungan Hidup harus diberdayakan dengan maksimal untuk mencapai Tujuan Sekolah Adiwiyata.

Apakah Adiwiyata Itu?
Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.  Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. (Kementerian Lingkungan Hidup)

Program Adiwiyata menuntut semua komponen sekolah untuk mengoptimalkan kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Jika dahulu hanya Tukang Kebun yang terbebani dengan tanggung jawab kebersihan lingkungan sekolah, kini seluruh warga sekolah harus turut serta memberdayakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, rapi dan sehat. Tidak hanya dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, sekolah Adiwiyata juga harus mengaplikasikan program Adiwiyata dalam kegiatan belajar mengajar seperti dalam mata pelajaran Mulok Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH) atau Ekstrakurikuler yang berhubungan dengan Lingkungan Hidup.

Nah, Bagaimana kesiapan sekolah Anda dalam menyambut program Adiwiyata?
Selain dengan pemberdayaan lingkungan, sekolah juga memberikan pengertian kepada siswa tentang kegiatan pelestarian lingkungan hidup untuk dimengerti dan dilaksanakan. Sekolah juga dituntut untuk dapat memanfaatkan barang bekas menjadi barang berguna. Misalnya saja, memberikan bimbingan kepada anak untuk membuat kerajinan dari botol minuman untuk dibuat bunga, pot, dan lain sebagainya.

Dalam hal administrasi, sekolah dituntut untuk mengintegrasikan program Adiwiyata dalam Kurikulum Sekolah (KTSP) dan juga menyiapkan Kurikulum Adiwiyata sebagai pijakan dalam melaksanakan Program Adiwiyata. Silabus dan RPP PLH pun menjadi syarat wajib bagi semua guru pengampu mata pelajaran PLH khususnya. Kerjasama dengan pihak luar sekolah pun juga menjadi kebutuhan dalam memaksimalkan program Adiwiyata.

Demikian artikel terkait dengan Program Adiwiyata yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan marilah kita berlomba-lomba dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman.