Cara Memperbaiki Error B200 Printer Canon iP2770

Menurut sebagian Teknisi Printer; Pesan Error B200 yang muncul pada printer Canon seri IP2770 merupakan indikator bahwa printer mengalami kerusakan pada 'Unit Power Supply', yang mengakibatkan pasokan tegangan ke 'board printer' menurun atau tidak stabil. Ketika printer mengalami Error B200, kita tidak dapat memperbaikinya dengan melakukan Service Maintenance pada menu printer maupun dengan bantuan software dari pihak lain. Jadi solusi tepatnya adalah dengan mengganti Unit Power Supply atau Adaptor Printer dengan yang baru, atau yang masih bagus.


Cara Mengganti Adaptor Canon IP 2770
Untuk mengganti Unit Power Supply atau Adaptor Printer Canon tidaklah sulit, kita tidak membutuhkan alat khusus dan tidak perlu membongkar printer. Adapotor Canon IP 2770 berada pada bagian bawah printer, coba lakukan langkah berikut untuk menggantinya:

  1. Lepas kabel power dan kabel USB Printer terlebih dahulu
  2. Letakkan printer dengan posisi terbalik
    *)hati-hatila jika printer Anda sudah di infus, amankan tabung tinta agar tidak tumpah
  3. Lihatlah pada posisi Adaptor/ Power Supply Printer
    Bagian yang berada dalam kotak kuning pada gambar
  4. Dorong pengait Adaptor dengan obeng (-) atau alat sejenis untuk melepaskan pengait
  5. Angkatlah power supply dengan perlahan dan hati-hati agar pengait tidak patah
  6. Lepas soket kabel yang terhubung dengan power supply
  7. Setelah Power Supply terlepas, Anda dapat menggantinya dengan yang baru atau yang masih bagus, tentunya tipe Adaptor yang sejenis.


memperbaiki error b200
Memperbaiki Error B200 pada Printer Canon iP2770



Download Driver Canon  iP2700 Series Ver. 2.56a
(Windows 10/10 x64/8.1/8.1 x64/8/8 x64/7/7 x64/Vista/Vista64/XP)

Jika sudah terpasang dengan Power Supply Printer yang baru, Bagaimana Hasilnya? 

Error B200 Telah Teratasi?
atau
Error B200 Tetap Muncul Setelah Mengganti Adaptor Printer?

Jika Error B200 Tetap Muncul Setelah Penggantian Adaptor Printer, berarti Anda termasuk salah satu orang yang kurang beruntung seperti saya.... hehe :D
Saran berdasarkan analisis pengalaman pribadi saya:
  1. Ketika Error B200 Muncul maka segeralah matikan printer dan lepas kabel power printer, jangan paksakan printer untuk kembali hidup normal sebelum penggantian Adaptor printer. Jika Anda memaksakannya, maka bisa jadi mainboard printer akan mengalami kerusakan karena supply arus yang tidak stabil.
  2. Jangan tunggu catridge printer mengering apalagi sampai macet, (catridge printer canon mahal) harga untuk 2 catridge gak jauh beda dengan harga printer baru.
  3. Jika Anda seorang teknisi dan mempunyai part Adaptor printer segeralah untuk menggantinya. Namun jika Anda hanya seorang pengguna biasa seperti saya, silahkan beli Power Supply printer, harga gak semahal 1 buah catridge kok.
  4. Khusus untuk Anda yang terlanjur memaksakan agar printer hidup normal setalah muncul pesan Error B200. Saya sarankan untuk membeli Satu Unit Printer yang sejenis (printer kosongan tanpa catridge) untuk mengantisipasi jika Mainboard printer terserang dan ikut rusak.
    Harga satu set printer canon tanpa katrid tidak berbeda jauh dengan jika Anda hanya membeli Adaptor/ Power Supply Printer. Harga 
    Printer Canon Kosongan di wilayah Yogyakarta berkisar antara 175.000,-an.
  5. Segera ambil langkah untuk memperbaiki error, semoga membantu!
Sampai disini sharing pengalaman pribadi saya saat menghadapi masalah Error B200 pada Printer Canon iP2770. Semoga dapat diambil manfaatnya, dan Selamat Tahun Baru 1437 H.