Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diisi File Berukuran Besar

Flashdisk tidak mampu menampung file berukuran besar, baik itu file jenis rar, zip, iso dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan file system Flashdisk berformat FAT atau FAT32. Format file system FAT/ FAT32 itulah yang menyebabkan Flashdisk tidak mampu menampung file berukuran besar, meskipun ruang kosong Flashdisk melebihi ukuran file yang ingin dicopy atau dipindahkan. Flashdisk dengan format FAT32 memiliki batas maksimal file 4 GB (dalam sekali proses copy). Sehingga untuk memindahkan file berukuran lebih dari 4 Gb ke dalam sebuah Flashdisk perlu dilakukan sedikit trik agar file dapat diterima oleh flashdisk.
ukuran maksimal file yang dapat dicopy ke flashdisk
Trik copy file berukuran besar ke Flashdisk
Dari gambar tabel di atas terlihat bahwa maksimal ukuran file yang dapat diterima Flashdisk (Format FAT32) hanyalah 4GB, sedangkan file system NTFS mampu melakukan eksekusi file besar hingga berukuran 16TB. Dengan demikian, salah satu cara agar dapat memindah/ copy file berukuran besar ke flashdisk adalah dengan memformat ulang flashdisk dengan file system NTFS. Namun sebelumnya pastikan data di dalam flashdisk telah terback-up di PC/ flashdisk lain. Berikut langkah-langkah untuk merubah format Flashdisk menjadi NTFS:
    merubah file system flashdisk menjadi NTFS
  1. Klik Kanan pada drive Flashdisk lalu pilih menu FORMAT
  2. Setelah itu akan muncul menu Format Flashdisk; Pilih file system NTFS; Quick Format (agar proses format berjalan lebih cepat); Klik START untuk memulai format
  3. Selanjutnya akan muncul dialog Format, silahkan klik OK untuk melanjutkan proses format.
  4. Tunggu hingga proses format selesai, setelah itu silahkan copy file berukuran besar (melebihi 4Gb) ke dalam flashdisk.





Cara di atas adalah langkah paling mudah untuk mencopy file berukuran besar ke dalam flashdisk. Namun jika flashdisk yang akan digunakan untuk file berukuran besar tersebut telah terisi banyak file dan Anda tidak memiliki ruang penyimpanan atau backup file-file tersebut, Anda dapat mencoba cara kedua yang juga sangat mudah dilakukan.
Cara Agar File Besar Dapat Masuk Flashdisk kedua adalah memecah file menjadi beberapa bagian agar dapat diterima flashdisk. Sebagai misal, untuk memasukkan file berukuran 6GB ke dalam Flashdisk berformat FAT, Anda dapat memecah file tersebut menjadi 2 file dengan ukuran masing-masing 3Gb. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPLITER atau pemecah file. Silahkan download File Splite and Joiner terlebih dahulu.
Instal dan buka program, lalu pilih file yang akan dipecah, atur menjadi berapa bagian yang Anda inginkan. Langkahnya:
  1.  Source File (pilih file yang ingin Anda Split)
  2.  Output Directory (tentukan lokasi penyimpanan file sesudah dipecah/ split)
  3.  Splite Into (tentukan jumlah split: file akan dipecah menjadi berapa bagian)
  4.  Centang Encrypt data
  5.  Klik SPLIT
Setelah selesai dan file telah terbagi menjadi beberapa bagian, silahkan copy file tersebut dan paste ke dalam Flashdisk. Nah, dengan cara ini file akan masuk ke dalam flashdisk, dan untuk menggunakan file tersebut Anda harus menjadikan satu (join) file-file tadi dengan software Split and Joiner hingga utuh seperti semula.
Demikian Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diisi File Berukuran Besar yang dapat kami bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.