Cara Membuang Bagian Hardisk Yang Bad Sector

Memperbaiki hardisk bad sector memang cukup melelahkan, disamping proses reparasi yang memakan banyak waktu, hardisk yang mengalami bad sector dengan kerusakan parah akan kembali error meskipun sudah diperbaiki. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami coba untuk berbagi Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan memotong bagian yang error (Damage Block) dan menggunakan bagian hardisk yang masih bagus (healthy).

Jika hardisk Anda belum mengalami kerusakan parah silahkan coba perbaiki dengan  HDD Regenerator terlebih dahulu.

Khusus untuk Anda yang sudah bertekat untuk membuang bagian hardisk yang mengalami bad sector, silahkan simak langkah-langkah berikut!
Backup data hardisk. Sebelum membuang bad sector atau damage block silahkan backup data Anda dengan power data recovery atau software lain. Simpan data penting yang ada di dalam hardisk ke media lain, flashdisk atau hardisk eksternal. 
 
Download sofware HDD Tune dan lakukan scan pada hardisk untuk mengetahui posisi hardisk yang mengalami bad sector dan bagian yang masih bisa digunakan. Anda juga dapat menggunakan HDD Tune yang ada dalam paket Hiren Boot CD yang pernah kami bagikan sebelumnya.
 
cara membuang bagian hardisk yang bad sector

Pada gambar di atas kami scan hardisk dengan menggunakan HDD Tune yang ada dalam paket Hiren Boot CD. Hasil dari scan hardisk di atas sebagai berikut:
- Ukuran Hardisk 80 Gb 
- Jumlah keseluruhan block 2500 (50 * 50)
- Ukuran masing-masing block 30 Mb (tergantung kapasitas hardisk) 
- Terdapat 2 titik bad sector
 
Langkah selanjutnya, untuk mengurangi resiko bertambah parahnya kerusakan hardisk, kami hapus bagian hardisk yang bad sector yaitu 7 block vertikal dan 50 block horisontal. Berikut langkah menghitungnya:
- 7 x 50 = 350 Block
- 350 x 30 Mb = 10.500 Mb atau 10.5 Gb

Dengan demikian block yang akan kami hapus atau tidak digunakan adalah sebesar 10.5 Gb. Lumayan besar sih.. hehe

Langkah Berikutnya adalah membuat partisi baru dengan membuang 10.5 Gb pada awal partisi (karena lokasi bad sector terdapat pada awal partisi).

Untuk membuat partisi baru kita dapat memanfaatkan bantuan software Paragon Partition Manager, silahkan download:
Partition Manager 32 bit
Partition Manager 64 bit

membuang bad sector pada hardisk
Buatlah partisi baru dengan memberikan space unlocated, sesuaikan dengan posisi bad sector.

Demikian cara memperbaiki hardisk rusak dengan menghapus bagian yang bad sector. Cara di atas juga dapat diterapkan untuk memperbaiki hardisk eksternal yang error atau bad sector. Sekian, semoga bermanfaat