22/03/11

Cara Memasak Dengan Tungku Tradisional

Cara memasak dengan alat tungku tradisional masih banyak dijumpai di desa kami, bahkan hampir di setiap rumah ada tungku tradisional, bahkan terkadang lebih dari satu tungku. Bantuan kompor Gas Elpiji sudah diterima warga, hampir semua warga mendapatkan bantuan Kompor dari pemerintah, namun tetap saja mereka enggan meninggalkan alat masak yang satu ini "Tungku Tradisional".

alat masak tungku tradisional

Dengan berbagai alasan, mereka lebih senang memasak dengan alat tersebut. Warga kami menyebutnya dengan nama "LUWENG", alat masak yang tradisional dan hemat, dalam artian tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengisi Bahan Bakar..


Sisi Kehematan
Dilihat dari sisi kehematan, maka alat masak ini jauh dari hemat, tidak hemat lagi,... Tapi dapat dikatakan Tanpa Biaya sedikitpun, karena tak susah keluarkan uang untuk kayu bakar... yang demikian ini jauh terasa hemat bila dibanding dengan Kompor Minyak atau Kompor Gas yang harus mengeluarkan uang untuk membeli minyak tanah, dan atau Gas Elpiji yang jauh lebih mahal dan sulit didapatkan...

Keamanan
Tak butuh KEAMANAN lahhhh....... hehe
Bahaya Ledakan akibat kelalaian dalam masak lebih jarang terjadi,.. Berbeda dengan Kompor Minyak atau Kompor Gas yang akan meledak jika terjadi kebocoran, dll. Alat masak ini jauh lebih aman, dan walau harus ditinggal (disambi) mengerjakan pekerjaan rumah _PR_ yang lain.. 

Sisi Kenikmatan
Orang bilang,.. "Hasil masak dengan Tungku jauh lebih nikmat, lebih enek jika dibanding makanan yang masak dengan Kompor atau Listrik "Rice Cooker"..

Cara Membuat
Tidak ada cara khusus untuk membuat Tungku (Luweng), tanpa dana, hanya bermodalkan sedikit Batu/ Batu Bata, dan Tanah Liat sudah cukup untuk membuat tungku semacam di gambar... yang terpenting dari bagian tungku adalah ada lubang untuk sirkulasi udara, supaya Api di dalamnya tidak cepat mati. Kasi lubang untuk memasukkan kayu bakar dan lubang untuk menaruh alat masak (wajan, panci, dll). Jadilah itu tungku dan siap digunakan,...

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon