Dalil Pelaksanaan Puasa Sunah

Berikut ini dalil-dalil yang menjadi dasar pelaksanaan beberapa puasa sunah yang diajarkan Rasulullah SAW. Semoga memberikan kemantapan bagi kaum muslimin yang hendak melaksanakannya.

Dalil Pelaksanaan Puasa Muharram

وَعَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَفْضَلِ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةِ اللَّيْلِ. رواه مسلم

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling utama sesudah puasa pada bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR.Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

عَنْ اَبِى اَيُّوْبَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ اَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالِ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ. رواه مسلم

Dari Abu Ayyub ra., bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari pada bulan Syawal, maka puasa enam hari itu bagaikan puasa sepanjang masa”. (HR.Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Bulan Sya’ban
Bulan Sya'ban adalah salah satu bulan mulia dalam Islam, nabi SAW melaksanakan puasa sunnah paling banyak di bulan Sya'ban.

وَعَنْ عَئِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ شَهْرٍ اَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَاِنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ كُلَّهُ.

وَفِى رِوَايَةٍ : كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ اِلاَّ قَلِيْلاً. متفق عليه

Dari ‘Aisyah ra., ia berkata : “Tidak pernah Rasulullah SAW berpuasa dari satu bulan yang lebih banyak dari pada bulan Sya’ban. Sungguh beliau berpuasa penuh pada bulan Sya’ban”.
Dan di dalam riwayat yang lain dikatakan : “Beliau berpuasa pada bulan Sya’ban, kecuali sedikit (beberapa hari saja beliau tidak berpuasa)”. (HR.Bukhari dan Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Dzul Hijjah

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَامِنْ اَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا اَحَبُّ اِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ، يَعْنِى اَيَّامَ الْعَشْرِ، قَالُوا : يَارَسُوْلَ اللهِ، وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ؟ قَالَ : وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ، اِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْئٍ. رواه البخارى

Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah ada suatu hari dimana amal shalih lebih disukai oleh Allah daripada dalam sepuluh hari permulaan bulan Dzulhijjah”. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, walaupun berjuang di jalan Allah?” Beliau bersabda: “Walaupun berjuang di jalan Allah, kecuali seorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya kemudian ia tidak menginginkan balasan apa-apa dari yang telah dikorbankannya”. (HR.Bukhari)

Dalil Pelaksanaan Puasa Hari Arafah

عَنْ أَبِى قَتَادَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَوْمِ عَرَفَةَ، قَالَ : يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ.  رواه مسلم

Dari Ibnu Qathadah ra., ia berkata: Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, kemudian beliau menjawab: “Puasa itu melebur dosa satu tahun yang lewat dan yang tinggal”. (HR.Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Hari Asyura

وَعَنْ أَبِى قَتَادَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَقَالَ : يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ. (رواه مسلم)

Dari Abu Qathadah ra., bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Asyura, kemudian beliau menjawab: “Puasa itu dapat menebus dosa setahun yang telah lewat”. (HR.Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Hari Tasu’a


وَعَنِ ابْنِ عَبَاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَئِنْ بَقِيْتُ اِلَى قَابِلٍ لَأَصُوْمَنَّ التَّاسِعِ. رواه مسلم

Dari Ibnu Abbas, ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh seandainya aku masih sampai pada tahun depan, niscaya aku akan puasa tasu’a pada hari ke sembilan (dari bulan Muharram). (HR.Muslim)

Dalil Pelaksanaan Puasa Senin dan Kamis


وَعَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : تُعْرَضُ الاَعْمَالُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ، فَاُحِبُّ اَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَاَنَا صَائِمٌ. (رواه الترمذى قال حديث حسن) وَرَوَاهُ مُسْلِمٌ : بِغَيْرِ ذِكْرِ الصَّوْمِ.

Dari Abu Hurairah., ra dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: Amal perbuatan itu diserahkan (dilaporkan) pada hari Senin dan Kamis, karena itu aku suka apabila amalku dilaporkan dalam keadaan aku sedang berpuasa”. (HR.Turmudzi)
Muslim juga meriwayatkannya tetapi tidak menyebutkan puasanya.

Dalil Pelaksanaan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan


عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : اَوْصَانِى خَلِيْلِى صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلاَثٍ : صَيَامِ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَرَكْعَتِى الضُّحَى، وَاَنْ اُوْتِرَ قَبْلَ اَنْ اَنَامَ. متفق عليه

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “Kekasihku (Nabi Muhammad SAW) berpesan kepadaku untuk berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat Dhuha dan shalat Witir sebelum saya tidur”. (HR.Bukhari dan Muslim)


Sumber : Al-Imam Abu Zsakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi. 1999. Terjemahan Riyadhus Shalihin: Jilid 2. Jakarta : Pustaka Amani.