Download Nadhom Asmaul Husna

Pembinaan Karakter dan Kepribadian Anak 
Satu lagi metode Pembinaan Karakter dan Kepribadian Anak di sekolah yaitu dengan membiasakan membaca Asmaul Husna. Asma'ul husna secara harfiah berarti nama-nama, sebutan, gelar Allah yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan kehebatan milik Allah. (Wikipedia) Dengan membiasakan membaca Asmaul Husna, selain mendapat pahala dan keridhoan Allah SWT, anak juga dapat melatih daya ingat mereka. Allah SWT berfirman dalam QS. AL A'raf ayat 180:
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya, nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(Qur'an in Word)

Selain dalil di atas, Rasulullah SAW juga pernah bersabda:


إِنَّ لِلهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493).


Makna dari ‘menjaga’ adalah dengan menghafalnya, merenungkan maknanya, dan mengamalkan kandungan maknanya. Mengamalkannya merupakan sebab kebaikan bagi hati, kesempurnaan takut kepada Allah, dan menunaikan hak-Nya. (Syekh Abdul Aziz bin Baz)

Mengingat adanya kebaikan yang banyak dan ilmu yang bermanfaat dalam mengamalkan kandungan makna asmaul husna tersebut, maka baik pula tentunya manfaat bagi pembentukan karakter dan kepribadian anak. Selain dengan pembiasaan sholat Dzuhur berjamaah, di sekolah juga baik diterapkan pembiasaan membaca Asmaul Husna. Kegiatan membaca Asmaul Husna di sekolah dapat dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai, dibaca bersama-sama di halaman sekolah, atau di ruang kelas masing-masing. Sekolah dapat mempersiapkan teks Asmaul Husna untuk dibagikan kepada anak, dan melakukan rutinitas membaca Asmaul Husna dengan bimbingan guru PAI atau guru lain.

Teks Asmaul Husna
Berikut teks Asmaul Husna yang dapat dipergunakan untuk rutinitas Pembinaan Karakter dan Kepribadian Anak.

Jika siswa masih mengalami kesulitan dalam mengeja teks Arab, sekolah dapat menyiapkan teks Asmaul Husna Latin, silahkan Download Teks Asmaul Husna Arab dan Teks Indonesia pada link di bawah ini.

Download Teks Asmaul Husna


Metode Menghafal Asmaul Husna
Menghafal Asmaul Husna yang berjumlah 99 nama bukanlah hal yang sulit. Terlebih jika Anda rajin membacanya, mengucapkannya di dalam doa, dan mengamalkan Asmaul Husna setiap waktu. Ada beberapa metode dalam menghafal Asmaul Husna, diantaranya adalah dengan mempergunakan nadhoman Asmaul Husna seperti gambar di atas, dan menghafalkannya dengan nada yang mudah dilantunkan.

Selamat menghafal Asmaul Husna, dan semoga kita senantiasa berada dalam keridhoan dan rahmat-Nya. Amien.