Semut Jepang, Manfaat dan Cara Budidaya

Apa Itu Semut Jepang?
Semut Jepang merupakan jenis semut yang ada/ berasal dari negara Jepang. Jenisnya banyak sekali, lebih dari 200 spesies semut yang berbeda. Hewan yang disebut Semut Jepang ini tidaklah seperti semut-semut yang biasa kita temui di lingkungan negara kita. Semut ini lebih menyerupai "Kutu Beras", hewan yang sering dijumpai pada beras yang sudah lama tertimbun. Selain bentuknya lebih besar dari semut biasa, Semut Jepang juga memliki sayap yang keras seperti hewan yang sering terbang dan hinggap pada lampu penjual gorengan, martabak, dsb.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang
Akhir-akhir ini banyak warga Indonesia yang mengkonsumsi Semut Jepang, khususnya mereka yang menderita penyakit tertentu. Tiap ekor semut jepang dibandrol dengan harga Rp.500. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, semut jepang dapat dimasukkan dalam kapsul kosong yang dapat kita dapat di apotik, dan meminumnya dengan segelas air putih atau pisang. 
Lantas mengapa banyak orang mengkonsumsi Semut Jepang?
Apa Manfaatnya?

Manfaat Semut Jepang
Semut Jepang diyakini memiliki kegunaan dan manfaat untuk:
  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik dikonsumsi penderita kolesterol.
  2. Menurunkan kadar gula dalam darah, baik dikonsumsi penderita diabetes.
  3. Mengobati penyakit jantung, baik dikonsumsi penderita penyakit serangan jantung.
  4. Mengobati penyakit asam urat, baik dikonsumsi orang dengan asam urat tinggi.
  5. Mengobati darah tinggi dan menjadikan tekanan darah stabil.
  6. Menambah vitalitas bagi pria maupun wanita.

Budidaya Semut Jepang
Lain halnya dengan Budidaya Ikan Lele yang membutuhkan kolam dan tempat yang cukup luas, budidaya Semut Jepang dapat dilakukan dengan mudah seperti budidaya Semut Kangkrang. Semut Jepang termasuk hewan yang hidup berkelompok dan cepat dalam reproduksi. Walaupun berbeda iklim dan cuaca dengan negara Jepang, di Indonesia semut ini dapat bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Sayap yang keras pada semut ini bukanlah alat untuk terbang sehingga, sehingga perawatan dan penanganannya lebih mudah untuk dikembangbiakkan.

Cara Beternak Semut Jepang
Adapun Peralatan yang dibutuhkan untuk beternak/ budidaya Semut Jepang antara lain:
  1. Sebuah toples transparan untuk menaruh semut jepang, misalnya toples sosis.
  2. Kapas secukupnya. Ratakan kapas pada toples, namun jangan penuh-penuh.
  3. Tentunya, Semut Jepang yang akan dibudidayakan. Jika Anda berminat, silahkan kontak saya di 085727770799
  4. Ragi Tape sebagai makanan Semut Jepang. Ragi tape dapat kita beli di pasar/ warung terdekat.
  5. Sebuah papan/ meja untuk menaruh toples yang berisi Semut Jepang. 

Cara Merawat Semut Jepang
Semut jepang tidak harus kita beri makan setiap hari, segelintir ragi tape mampu mencukupi kebutuhan 10 Semut Jepang berhari-hari, bahkan cukup untuk 1 Minggu. Selain lebih mudah dalam perawatan, semut ini cepat dalam berkembang biak. Mula-mula semut akan bertelur, kemudian menjadi larva, ulat, dan berubah menjadi anakan Semut Jepang dalam jangka waktu yang tidak lama. Satu lagi keuntungan jika Anda berternak Semut Jepang, semut ini bukanlah hewan yang berisik seperti kambing, kerbau, dll. Tanpa orang lain tau kegiatan Anda, Anda dapat meraih hasil yang lumayan dari berbudidaya Semut Jepang.

Sekian yang dapat saya bagikan mengenai Semut Jepang, Manfaat, dan Cara Membudidayakan Semut Jepang. Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Selamat mencoba Budidaya Semut Jepang, dan semoga berhasil!