Download Mp3 dan Lirik Bang-bang Wus Rahino [Cak Nun & Kyai Kanjeng]

Pertama kali saya mendengar syair Bang-bang Wus Rahino adalah ketika memutar Mp3 Sholawat Turi Putih kreasi group sholawat Al Munsyidin Pekalongan. Di akhir lagu sholawat Jawa tersebut diselipi syair Bang-bang Wetan sebagai berikut:
lirik lagu bang-bang wus rahino
Karena merasa asing dengan Syair Bang-bang Wus Rahino di atas, saya mencoba bertanya pada simbah Google dan saya temukan sebuah album Kyai Kanjeng (Cak Nun) yang salah satu lagunya adalah Bang-bang Wetan, ternyata syairnya sama. 

Lantas apa makna syair lagu Bang-bang Wetan tersebut. Dalam sebuah postingnya, admin islamcendekia.com memaparkan makna lagu Bang-bang wetan tersebut secara detail.
Arti dan Makna Lagu Bang-bang Wetan

Bangbang Wetan
Fajar telah tiba

Bang-bang wus rahina, bang-bang wus rahina,
Srengengene muncul, muncul, muncul, sunar sumamburat,
Artinya:
Mataharinya terbit, sinarnya memancar (bersemburat),

Cit-cit cuwit-cuwit, cit-cit cuwit-cuwit,
cit cuwit rame swara ceh-ocehan.
Artinya:
Bercicit-cicit, ramai suara burung-burung pada bersiul,

Krengket gerat-geret, krengket gerat-geret,
Nimba aneng sumur, adus gebyar-gebyur.
Artinya:
Berderak-derik (suara orang menimba air dengan timba yang bertali),
Menimba air di sumur, mandi (dengan suara) byar-byur, 

Segere kepati, segere kepati, kepati bingah,
Bagas kuwarasan.
Artinya:
Segarnya luar biasa, luar biasa senangnya,
Sehat wal afiat 

Makna Lagu Bang-bang Wetan
Lagu asal negeri Bang Wetan (Jawa Timur) ini menceritakan sebuah kisah kehidupan sebuah masyarakat yang ditandai dengan permulaan terbitnya matahari dari ufuk timur.

Cahaya sinar matahari yang menyemburat dari ufuk timur disusul dengan siulan burung-burung yang tengah menyambut pagi. Bersamaan dengan itu, suara "krengket gerat-geret" yang berasal dari suara warga tengah menimba air di sumur untuk keperluan mandi. Dengan mandi yang diilustrasikan dengan suara "byar-byur" menjadi satu simbol kebahagiaan dan rasa syukur masyarakat kepada Allah Yang Maha Esa.


Dengan mandi di pagi hari yang akan mengawali masyarakat untuk beraktivitas tersebut, badan menjadi segar dan senang. Terlebih, mandi di pagi hari membuat tubuh menjadi segar (fisik) dan menyenangkan (hati dan pikiran) yang pada akhirnya membuat kita menjadi sehat wal afiat. Sehat jasmani (fisik) dan rohani (psikis).


Demikian Makna Syair Bang-bang Wetan beserta link download Mp3 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.