Pengertian Disiplin - Penegasan Istilah Kedisiplinan

Sebagai penegasan istilah dan untuk memperjelas pengertian disiplin, berikut ini beberapa definisi yang dikutip dari beberapa sumber :
  1. Secara etimologi, disiplin dalam bahasa Yunanai adalah diciplus yang artinya murid pengikut guru (Ahmadi dan Supriyono, 2004:174). Sedangkan disiplin dari bahasa Latin yaitu discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan.
  2. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007:286) disiplin diartikan dengan: 1 tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dsb); 2 ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dsb); 3 bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu.
  3. Pengertian disiplin menurut Kamus Oxford : 1  training, esp of the mind and character, to produce self-control, habits of obidience, etc. 2  the result of such training; order kept 3 set rules of conduct; be given method by which traing 4 punishment 5 branch of knowledge; subject of instruction (AS Hornby, 1987:244)
  4. Dalam Kamus Al-munjid, disiplin berarti : Kata nidzom adalah bentuk mashdar dari kata nadzoma yang berarti at-thoriq wa al-‘adah ‘metode dan kebiasaan’. Adapun kata nudzumun adalah bentuk plural dari nidzom yang berarti ikatan yang mendisiplinkan/mengatur sesuatu.
Ada beberapa ungkapan yang memberikan arti luas terhadap pengertian disiplian, di antaranya:
  1. Imam Musbikin (2007:76) berkata ”disiplin berarti mendidik”.  Mendidik adalah proses mendewasakan seseorang, baik aspek kognitif, psikomotorik maupun afektif. Ruang lingkup pendidikan meliputi pendidikan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan merupakan upaya normatif dan adaptif dalam rangka mengantarkan subjek didik menjadi insan kamil ’manusia sempurna’ yang dikatakan Achmadi sebagai tujuan akhir pendidikan Islam.
  2. Rudolf Dreikurs dan Pearl Cassel (1984:7) menyatakan, disiplin adalah ”bibit yang menghasilkan kebebasan”. Orang yang berdisiplin pada hakikatnya tidak hidup dalam kekangan. Prinsip disiplin adalah perihal normatif yang logis. Mengingkari nilai, folk way, hukum dan norma berarti melawan suatu keharusan yang diapandang kebenaran, oleh sebab itu pelanggar disiplin selalu dikenakan sanksi sebagai bentuk konsekuensinya
  3. Istilah disiplin berarti penertiban dan pengawasan diri, penyesuaian diri terhadap aturan, kepatuhan terhadap perintah pemimpin, penyesuaian diri terhadap norma-norma kemasyarakatan (Ali Qaimi, 1996:234).
  4. Seorang penyair Arab mengatakan, "تنـظيمُ العـمل يوفـّـرُ نصفَ الوقت" ‘pendisiplinan aktivitas/pekerjaan berarti menghemat setengah waktu’. Dengan pengertian ini, disiplin bisa diartikan dengan metode yang membuat segala urusan menjadi lebih efektif dan efisien