Dimanakah Nabi Adam dan Siti Hawa Pertama Kali Diturunkan?

Soal UAS Sekolah Dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : "Dimanakah Nabi Adam as. dan Siti Hawa Pertama Kali Diturunkan?".
Jawab :
  1. Dalam kitab Tarikh Ar-Rusul Wal Muluk karya Imam At-Thabari jilid 1 halaman 79 disebutkan, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, beliau berkata, "Adam as diturunkan di India dan Hawa di Jeddah. Lalu beliau mendatanginya dan bertemu di Muzdalifah (dekat Mekkah) dan bertaaruf lagi di Arafah dan karena itu lalu dinamakan tempat itu Arafah.
  2. Disebutkan juga bahwa tempat turunnya Adam itu di Inda (Hind), namun tidak tepat persis dengan sebuah negara yang namanya India sekarang ini, melainkan wilayah Hind. Tepatnya di sebuah gunung yang paling tinggi di dunia. Para ahli sejarah lalu menafsirkan bahwa barangkali gunung yang dimaksud itu adalah Mount Everest, karena puncak itulah yang merupakan puncak gunung tertinggi di dunia (halaman 80)
  3. Disebutkan juga oleh Ath-Thabari pada halaman 81 sebuah riwayat dari Nafi' bahwa beliau mendengar dari Umar r.a. berkata bahwa Allah SWT mewayhukan kepada Adam yang saat itu ada di Hind untuk pergi haji ke Baitullah. Maka berangkatlah Adam dari Hind ke Baitullah dan bertawaf di sekelilingnya dan menjalankan manasik selengkapnya.
  4. Sedangkan Ustadz Mahmud Syakir mengatakan bahwa Adam itu kuat diperkirakan ada di Barat Laut Asia kemudian di Jazirah Arabia. Meskipun ada juga yang berpendapat bahwa Adam itu di India atau di bagian utara Iraq. (lihat At-Tarikh Al-Islami oleh Mahmud Syakir jilid 1 halaman 29).
Kesemua pendapat ini kiranya tidak terlalu bertentangan, karena menunjukkan sebuah rentang wilayah yang relatif berdekatan. Karena kemudian Adam a.s. memang berkeluarga serta berketurunan di Jazirah Arabia atau di tempat di mana Ka'bah berada. 
Sumber : Dinul Islam
.
tempat pertama nabi adam turun ke bumi

Nabi Adam diturunkan ke bumi di pegunungan tertinggi saat itu.
Dan inilah pegunungan tertinggi di bumi saat ini, Gunung (Pegunungan) Himalaya…
.
Nabi Adam as. diturunkan ke bumi terpisah jauh dari isterinya Hawa. Menurut suatu riwayat, Nabi Adam as diturunkan di India, dalam riwayat lain disebutkan di Sri Lanka. Ada juga pendapat bahwa Nabi Adam as diturunkan di gunung tertinggi di dunia, yaitu di Gunung Everest di Himalaya. Mengenai hal ini, karena dahulu kala memang belum ada negara India, Sri Lanka maupun Himalaya, kita sebut saja daerah pengunungan tertinggi di Asia (bukankah India, Sri Lanka dan Himalaya masih termasuk wilayah Asia dan letaknya tidak begitu berjauhan? bisa jadi ketiga tempat ini pada jaman dulu memang masih berada dalam satu wilayah/ kesatuan).
Sementara Siti Hawa diturunkan di Jeddah, bagian dari kota Makkah (sekarang Arab Saudi). Tapi ada juga yang menyebutkan Hawa diturunkan di tempat yang sekarang bernama Irak. Bisa jadi juga kedua tempat ini, pada jaman dahulu masih merupakan satu kesatuan wilayah.
Setelah saling mencari, dengan petunjuk Allah Swt. dan bimbingan Malaikat Jibril, Nabi Adam as dan Hawa akhirnya bertemu di Jabal Rahmah, di padang Arafah.
Sumber : Rumah Sejuta Ide

Demikianlah beberapa sumber yang dapat menjelaskan Dimana Nabi Adam as. dan Siti Hawa pertama kali diturunkan. Semoga sedikit ringkasan di atas dapat menambah wawasan Anda dalam pengetahuan Agama Islam tentunya.