Panduan Belajar Memukul Rebana Hadroh

Belajar memainkan atau memukul alat musik rebana bukanlah hal yang sulit. Terlepas Anda memiliki jiwa seni atau tidak, memukul rebana tetap dapat dipelajari dengan mudah. Bahkan tanpa harus pergi ke pelatih atau mengundang pelatih rebana, tak butuh waktu lama Anda dapat menguasai dan lihai bermain rebana/ hadroh. Untuk mewujudkannya tentu butuh ketelatenan dan keseriusan dalam berlatih.
teks panduan belajar rebana dan contoh mp3 latihan rebana
Pada kesempatan ini kami bagikan materi Latihan Dasar Pukulan Rebana yang pada umumnya digunakan. Anda dapat belajar memainkan rebana dengan berbekal Teks dan Mp3 Pukulan Rebana yang kami bagikan disini. Sebagai awalan, setidaknya ada 2 orang pemain rebana yang memainkan pukulan dasar; yaitu pukulan 1 dan 2. Sedangkan untuk pukulan 3 dan 4 hanya berfungsi sebagai pelengkap agar musik rebana terdengar lebih kompak dan ramai. Berikut teks dan contoh Mp3 pukulan rebana yang harus dikuasai masing-masing pemain.

Pemain 1
Rumus : DTT DDDT TDTT DDDT
Mp3 Panduan Belajar Rebana Pukulan 1
Download Mp3

Pemain 2
Rumus : D-T DDDT T-D-T DDDT
Mp3 Panduan Belajar Rebana Pukulan 2
Download Mp3

Pemain 3
Rumus : DT DDDT DT DDDT
Mp3 Panduan Belajar Rebana Pukulan 3
Download Mp3

Pemain 4
Rumus : D-T DDDT D-T DDDT
Mp3 Panduan Belajar Rebana Pukulan 4
Download Mp3

Untuk lebih memahami contoh di atas, silahkan pahami perbedaan antara  DDDT dengan DDDT pada pukulan pemain 1 dan 2. Perhatikan jeda pukulan dengan menyimak Contoh Mp3 Panduan Belajar Rebana. Adapun langkah dan tips yang dapat Anda lakukan sebelum memulai latihan adalah:
  1. Siapkan empat pemukul rebana, atau juga dapat berlatih dengan tiga orang atau bahkan hanya dua orang (rumus rebana inti ada pada pukulan 1 dan pukulan 2) selebihnya, untuk pukulan 3 dan 4 hanya sebagai pelengkap.
  2. Bagikan rumus pukulan rebana dan Mp3 Panduan Rebana, dan mintalah mereka untuk mendengarkan, cermati, dan hafalkan rumus pukulan masing-masing.
  3. Bedakan bunyi pukukan, setiap pemain dapat memukul rebana dengan membedakan antara pukulan D dan pukulan T. Bunyi D diperoleh dengan memukul rebana pada bagian tengah dan posisi jari dirapatkan. Sedangkan bunyi T diperoleh dengan memukul bagian tepi dan posisi jari direnggangkan.
  4. Setelah menghafal rumus pukulan masing-masing, mintalah satu-persatu pemain untuk memukul rebana (agar lebih mudah dapat sambil mengucapkan bunyi pukulan).
  5. Jika semua pukulan sudah sesuai dengan Mp3 Panduan masing-masing, silahkan paduan antara pukulan 1 dan pukulan 2 terlebih dulu, baru kemudian pukulan 3 dan pukulan 4.
  6. Setelah semua pemain mampu memainkan dengan baik dan tanpa masalah, padukan semua pukulan rebana.
  7. Untuk memastikan permainan rebana sudah benar atau belum, silahkan Anda rekam menggunakan media perekam seperti hand phone, laptop, dsb. Lalu bandingkan hasil rekaman Anda dengan kaidah pukulan di atas atau musik-musik rebana lainnya.
Materi/ Kaidah Pukulan Dasar pada Permainan Rebana saya rasa sudah cukup, sedangkan Tutorial belajar rebana pukulan Naikan, Naik, dan Turunan kami bagikan sesegera mungkin.
UPDATE!!
Link download sudah kami perbaiki, dan Video Tutorial Belajar Rebana dasar, naikan, naik dan turunan dapat disimak dengan mengunjungi post berikut:
-= Video Tutorial Belajar Rebana =-
Sekian, semoga materi pantuan belajar rebana yang kami bagikan bermanfaat.  
Sholallohu 'ala-nabiy Muhammad....