30/03/15

Cara Mengatasi Sound Tanda Silang Pada Windows 7, 8 dan 10

Setelah sekian lama tidak posting tentang tips dan trik seputar Komputer dan Dunia IT, kali ini saya kembali untuk berbagi pengalaman unik saat menemui masalah Sound Tidak Ditemukan Pada Windows 7, 8 dan 10. Sound Card tidak berfungsi dengan baik meskipun Driver sudah terinstal di komputer. Penasaran pingen tahu ceritanya?

cara mengatasi icon speaker tanda silang

Silahkan simak dengan seksama :D
Awalnya komputer saya tidak mempunyai masalah apapun ketika menggunakan OS Windows XP. Karena tuntutan zaman, saya tinggalkan XP dan beralih ke Windows 7 yang katanya lebih mantab. Namun, dengan versi Windows yang kekinian tersebut saya justru menghadapi masalah, yang memaksa saya jungkir balik membanting CPU, yaitu Sound Tidak Berfungsi, yang ditandai dengan tanda silang pada icon sound di taskbar.

Masalah sound komputer tidak berfungsi ini cukup membuat saya jenuh, karena saya tidak dapat mendengar suara apapun kecuali kipas CPU yang berisik. Aplikasi Video Player di komputer mampu memutar koleksi video dan film saya, namun suara tidak keluar dan seakan-akan saya melihat tayangan PANTOMIM tanpa sound background. Langkah awal yang saya lakukan untuk mengatasi Sound yang macet ini adalah dengan melakukan troubleshooting, namun cara ini tak membuahkan hasil, suara masih belum keluar. Inisiatif selanjutnya adalah bertanya pada simbah GOOGLE, saya catat pesan yang muncul saat melakukan troubleshooting dan saya bisikkan ke simbah.

Ini dia pesan yang saya catat:
"The speaker, headset or headphone is unplugged
Plug in the speaker, headset or headphone. The peripheral does not appear to be plugged in".

Karena tidak begitu paham dengan bahasa Inggris, saya terjemahkan di Google Translate yang intinya: 

Pembicara, headset atau headphone dicabut.
Hubungkan speaker, headset atau headphone. Perifer tidak tampak terpasang. 

Dari hasil terjemah Google Translate di atas saya beranggapan kalau OS Windows 7 yang saya pakai tidak berhasil mendeteksi Soundcard PC, dan saya mencoba beberapa langkah untuk mengatasinya, antara lain:

  1. Memastikan Soundcard dan Jack Audio Terpasang Dengan Benar
    Pada tahap ini saya cek sound card dan jack audio terpasang Pada PC. Karena saya menggunakan motherboard dengan soundcard onboard, maka yang saya lakukan adalah memastikan kalau tidak ada komponen motherboard yang rusak/ terbakar. Selanjutnya saya benahi pemasangan jack audio. Setelah yakin tidak ada kesalahan pada motherboard dan pemasangan jack sound, maka saya coba untuk memutar musik. Dan akhirnya! Cara termudah ini tidak membuahkan hasil sama sekali.
  2. Setting Bios
    Karena langkah pertama tidak berhasil, maka dugaan selanjutnya adalah setting sound pada bios bermasalah, namun setelah dicek semua sudah benar dan fungsi sound tidak ter-dissable. Ternyata dugaan saya kali ini salah dan saatnya memusatkan pikiran untuk melakukan langkah selanjutnya.
  3. Uninstal Driver dan Update Driver Sound
    Perkiraan selanjutnya yaitu pada driver sound tidak compatible dengan windows, tetapi setelah saya download driver sound untuk Windows 7 dari website resmi , masalah belum juga teratasi. Tiga solusi tanpa hasil. Lanjut...!!
  4. Setting Jumper Sound Pada Motherboard
    Beberapa master komputer mengatakan kalau salah satu penyebab sound tidak berfungsi adalah karena kesalahan pemasangan jumper sound pada motherboard. Akhirnya saya rela untuk melepas front jack audio dan mengikuti tutorial pemasangan jumper sound pada motherboard seperti yang mereka paparkan, tapi hasilnya masih NOL. Capek! Tapi katanya berputusa asa itu tidak baik, lanjut bro!
  5. Iki Piye Mbah?
    Ketika kemampuan sudah benar-benar mentok dan sudah tak mampu memusatkan pikiran untuk mengatasi masalah Sound Error ini. Dengan wajah malu saya kembali bertanya pada Mbah Google dengan mengetik keyword Sound Tidak Ditemukan, namun beribu jawaban yang muncul di hasil pencarian jawabannya justru membuat saya tambah pusing. Beberapa saran yang teman-teman blogger sampaikan telah saya laksanakan, namun Allah SWT belum berkehendak, dan sound masih belum berfungsi. Istighfar Bro...!!
  6. Kembali ke OS Jadul
    Saking jenuhnya karena masalah tidak teratasi, dan beranggapan kalau soundcard benar-benar rusak, maka saya pastikan untuk kembali ke zaman purba (Win-XP). Setelah saya inul, ternyata sound kembali berfungsi dengan normal tanpa masalah sedikitpun. ANEH TO !!
Ini Ceritaku Mana Ceritamu?? 

Sebentar, ceritanya belum SELESAI bro, masalah sound belum juga teratasi, dan pastinya Sobat juga ingin tahu solusi yang paling tokcer dan tak serumit langkah sia-sia di atas?
Siapkan secangkirKOPI HITAM dan ikuti langkah berikut!
  1. Buka Control Panel Win7
    Buka Control Panel dan Cari Sound and Audio Manager yang sudah terinstal. Pada kasus ini, jenis motherboard komputer saya yaitu Gigabyte G41MT-S2-PT dengan driver sound Realtek HD Audio Manager. Untuk memudahkan pencarian Sound Manager silahkan ubah setting View by : Small icon dan cari Realtek atau Audio Manager yang terinstal di komputer sobat.

    cara mengatasi driver sound tanda silang

    Silahkan klik untuk membuka Audio Manager.
    Setelah terbuka, bacalah apa pesan yang muncul pada Audio Manager. Kalau pada PC saya tulisan berbahasa Inggris lagi yang muncul, begini bunyinya:

    "You are seeing a blank page because there is no audio devices plugged in the system. To active GUI, please plug an audio device in the system".

    Nah, langkah selanjutnya.

  2. Berilah Check List Pada "Dissable Front Panel Jack Detection"
    Solusi yang harus sobat lakukan adalah klik pada icon yang ditandai dengan lingkaran 1, dan berilah tanda centang (√) pada cek list yang bertuliskan: "Dissable Front Panel Jack Detection".

    mengatasi sound realtek tanda silang


  3. Udah itu aja. Kalau memang Sobat termasuk orang yang beruntung, maka fungsi sound pada PC akan kembali normal, yang ditandai menu sound manager tampak seperti gambar berikut:
memperbaiki sound komputer tanda silang

NB:
Ada banyak jenis Driver Sound dan Audio Manager pun bervariasi, jika di komputer Sobat tidak terdapat Realtek HD Audio Manager, silahkan coba cari Aplikasi Audio Manager yang lain, seperti CMEDIA, VIA HD Audio, Creative, sesuai dengan driver yang terinstal pada komputer sobat.
Jika tidak terdapat aplikasi Sound manager atau fungsi sound pada Control Panel tidak dapat diaktifkan, kemungkinan belum terinstal driver sound yang sesuai. Silahkan download dan instal driver sound atau kunjungi post Easy Driver Pack untuk mendeteksi sound card dan menginstal driver secara otomatis.
Jika cara di atas masih belum membuahkan hasil sobat bisa mencoba untuk melepas kabel USB Audio Depan yang nempel pada cassing PC Sobat.

Silahkan coba langkah-langkah dan semoga berhasil!
Sampai disini dulu sharing untuk hari ini, andai Sobat dapat mengambil manfaat dari celoteh saya, murni itu karena petunjuk Allah SWT, dan segala kekurangan memanglah karena kebodohan saya.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi dan menghabiskan beberapa gelas KOPI HITAM yang tak ternilai nikmatnya. Jika Sobat ingin menerbitkan ulang atau berbagi artikel tentang "Cara Mengatasi Sound Tidak Ditemukan Pada Windows 7" dari blog ini, maka kiranya berkenan menyertakan URL blog Paxdhe Mboxdhe pada artikel yang Sobat terbitkan sebagai wujud menghargai usaha dan jerih payah orang lain.
Sekian dan terima kasih, jangan lupa untuk berkomentar dan sampai jumpa pada post selanjutnya.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh