Quran in Word! Cara Mudah Menulis Al Qur'an di Microsoft Word

Jika sebelumnya kami sudah berbagi cara menulis Arab secara manual di Microsoft Word, kali ini kami bagikan Aplikasi Al Qur'an untuk Microsoft Word.  Aplikasi Quran in Word adalah Add ins Al Qur'an untuk Microsoft Office Word, yang dapat digunakan pada Microsoft Word 2003, 2007, maupun 2010. Aplikasi berukuran kecil ini merupakan salah satu aplikasi penting yang semestinya diinstal pada Komputer atau Laptop Anda. Selain itu, Qur'an in Word juga berhak menempati ruang flashdisk Anda, karena alasan berikut:
  1. Font Arab yang ada pada aplikasi Qur'an in Word tidak terbaca komputer yang belum terinstal aplikasi ini, sehingga Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu sebelum membuka dokumen yang berisi Ayat Al Qur'an.
  2. Beberapa versi Qur'an in Word menggunakan jenis font Arab yang berbeda, sehingga Anda perlu memperbaharui PC yang sudah ada aplikasi Quran in Word versi lama.
  3. Sebagai persiapan sewaktu Anda membutuhkan di waktu mendadak, semisal membuat makalah, presentasi, atau mengajar di TPQ.
Quran in Word versi 2.2
Quran in Word Versi 2.2 dibuat oleh Mohamad Taufiq pada tahun 2013. Ada beberapa pembaharuan kinerja dan fitur pada Quran in Word 2.2 ini dari versi sebelumnya. Pada versi 2.2 ini ditambahkan beberapa pilihan bahasa dalam terjemahan ayat Al Qur'an yang dipilih, diantaranya bahasa Inggris, Prancis, Jerman dan tentunya Bahasa Indonesia.
 
download aplikasi quran in word terbaru

Selain fitur translate yang lebih komplit, pada Quran in Word 2.2 ini terdapat fitur pencarian kata atau kalimah Al Qur'an, sehingga mempermudah kita untuk menemukan bagian dari ayat/ potongan ayat atau bagian arti kata Al Qur'an.

Sebagai contoh, kami ingin mencari ayat Al Qur'an yang tidak kami ketahui nama surat dan nomor ayat tersebut. Misalnya potongan arti "dan pergaulilah".
Nah, untuk menemukan nama surat dan ayat secara lengkap sangatlah mudah. Kita hanya perlu menulis potongan arti tersebut pada kolom Search what dengan memasukkan kata "dan pergaulilah". 
Dengan cara tersebut akan nampak beberapa ayat Al Qur'an yang mengandung arti "dan pergaulilah", diantaranya QS. Luqman ayat 15. Dengan demikian kita dapat memilih QS. Luqman ayat 15 untuk kita masukkan dalam artikel yang kita buat.

cara mudah mencari ayat al quran dengan penggalan arti

Demikian pula jika kita ingin mencari arti dari potongan ayat Al Qur'an tertentu yang tidak diketahui nama Surat dan nomor Ayat. Kita tinggal memasukkan potongan ayat, seperti berikut:

Begitu komplit fitur dan kegunaan Aplikasi Quran in Word Terbaru ini, jadi tak ada salahnya jika kita mengoleksi aplikasi kecil ini. Silahkan download aplikasi Quran in Word 2.2 pada link di bawah ini dan semoga bermanfaat.
Download Quran in Word untuk Windows 32 Bit
Download Quran in Word untuk Windows 64 Bit