Istri dan Anak Nabi Ibrahim as

Ada beberapa pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab ketika membahas kisah Nabi dan Umat Teladan. Salah satunya adalah pertanyaan yang berkaitan dengan tahun dan umur atau usia tokoh yang dikisahkan. Bentuk pertanyaan yang kami temukan pada kasus soal di LKS PAI untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah adalah:

"Hingga usia berapa nabi Ibrahim as belum diberi keturunan?"
"Pada usia berapakah nabi Ibrahim menikahi Siti Hajar?"

Pertanyaan ini kami dapati pada soal di LKS PAI Al Muttaqin Kelas IV SD. Sementara pada materi yang disajikan dalam LKS dan Buku Panduan PAI Kelas IV tidak satupun membahas mengenai umur/ usia nabi Ibrahim as. 

Dengan demikian, kami berpikir bahwa inilah ilmu baru yang menarik untuk digali, dan mengkaji dari berbagai sumber. Guru PAI harus aktif untuk memperkaya materi dengan mencari sumber lain yang relevan dan berkaitan dengan kisah Nabi atau Orang Teladan yang bersangkutan.

Pada kasus pertanyaan di atas, kami mencoba untuk mengulas kisah nabi Ibrahim as yang kami dapatkan dari sumber Kisah Penuh Hikmah sebagai berikut:
  1. Nabi Ibrahim as menikahi Siti Hajar (budak yang dihadiahkan oleh Raja Mesir) atas permintaan Siti Sarah yang sudah tua dan mandul.
  2. Siti Hajar melahirkan nabi Ismail as di Palestina saat Nabi Ibrahim berusia 86 tahun (Ishaq lahir 14 tahun setelah kelahiran Ismail)
  3. Setelah Allah mengaruniakan Ismail kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah swt agar dikaruniai anak dari istri pertamanya yang bernama Siti Sarah; istri yang selalu setia bersamanya dalam menegakkan kalimatullah.
  4.  Malaikat datang mengabarkan bahwa sarah akan melahirkan seorang anak yang alim (berilmu) (ketika itu usia Siti Sarah 90 tahun), dan Nabi Ibrahim as juga sudah lanjut usia.
  5. Ketika Ibrahim a.s berusi 100 tahun, Siti Sarah melahirkan seorang anak yang diberi nama Ishaq as.
  6. Nabi Ishaq as menikah dengan Rafqah binti Batu'il pada usia 40 tahun
  7. Silsilah nabi Ibrahim & Siti Sarah: ==> Ishaq ==> Ya’qub ==> Yusuf  
Dari beberapa tambahan materi di atas kemudian kami mendapatkan bahwasannya nabi Ibrahim as memiliki anak yang pertama saat beliau berusia 86 tahun, dan kemungkinan beliau belum dikaruniai seorang anak pun pada usia 85 tahun.

Demikian sedikit tambahan materi bagi umat muslim pada umumnya dan Bapak/ Ibu pengajar PAI khususnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita dan generasi Islam tentunya. Amien