Materi Pesta Siaga SD - Keimanan dan Toleransi Beragama

Menjelang pelaksanaan pesta siaga tingkat SD/ MI kami mendapat tugas untuk melatih siswa agar lebih mendalami materi keimanan dan toleransi beragama. Dari Buku Pedoman Pelaksanaan Pesta Siaga Tahun 2016, kami mencoba untuk menguraikannya agar lebih mudah dipahami siswa dan akhirnya sukses saat pelaksanaan pesta siaga. Saya rasa tidak ada salahnya jika saya berbagi materi keimanan dan toleransi beragama ini untuk bapak/ ibu dan pembaca sekalian.

materi pesta siaga keimanan dan toleransi beragama
Materi Pesta Siaga - Agama Islam
  • Kitab Suci Umat Islam
kitab suci umat islam
Umat Islam memiliki kitab suci yang bernama Al-Qur'an, yaitu kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Selain Al-Qur'an, umat Islam juga berpedoman pada Hadits Nabi Muhammad SAW.


  • Tokoh Agama Islam 
kyai haji hasyim asyhari
Tokoh agama Islam adalah Kyai, Ustad/ Ustadzah. Kyai adalah seorang yang pandai dalam ilmu agama Islam dan mempunyai banyak murid yang tinggal di asrama/ pesantren miliknya. Sedangkan ustadz adalah seorang pengajar/ guru yang datang ke suatu tempat (masjid/ mushola) untuk mengajarkan ilmu agama Islam. 




  • Tempat Ibadah Umat Islam 
masjid
Tempat ibadah umat Islam adalah Masjid dan Mushola/ Surau. Masjid berstatus milik umat Islam secara umum dan boleh dijadikan tempat ibadah seluruh umat Islam, keberadaan masjid diatur oleh Takmir Masjid. Sedangkan mushola adalah tempat ibadah milik pribadi/ keluarga, dimana seorang muslim harus meminta izin pada pemilik mushola jika hendak melakukan ibadah shalat atau kegiatan keagamaan lainnya. Namun ada juga mushola yang disediakan untuk umum, seperti mushola yang ada di SPBU, Rest Area, Rumah Makan, dan sebagainya.
  • Hari Besar Agama Islam
gambar hahal bihalal saling memaafkan
Hari Raya Idhul Fitri adalah hari raya umat Islam yang dilaksanakan pada tanggal 1 bulan Syawal (Kalender Hijriah), Idhul fitri merupakan hari raya kembalinya umat Islam pada fitrah/ kesucian, yaitu setelah melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh. Idhul Fitri identik dengan kegiatan saling berkunjung dan maaf memaafkan antar umat Islam. 


gambar animasi penyembelihan hewan qurban
Hari Raya Idhul Adha adalah hari raya di bulan Haji, bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijah. Idhul Adha disebut juga Idhul Qurban, dimana umat Islam yang mampu disunahkan menyembelih hewan Qurban untuk dibagikan kepada umat Islam yang kurang mampu. 

Nuzulul Qur'an adalah kegiatan hari besar agama Islam yang berkenaan dengan peristiwa turunnya ayat Al Qur'an yang pertama. Nuzulul Qur'an diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Maulid Nabi adalah kegiatan hari besar Islam yang berkenaan dengan ulang tahun kelahiran nabi Muhammad SAW, nabi umat Islam dan nabi yang terakhir.


Isra' Mi'raj adalah kegiatan hari besar Islam yang berkenaan dengan perintah pelaksanaan Ibadah Shalat, dimana nabi melakukan perjalanan menghadap Allah SWT dan memperoleh perintah shalat 5 waktu.


Materi Pesta Siaga - Agama Kristen Protestan
Kitab suci umat Kristiani adalah Injil/ Al Kitab.
injil al kitab

Tokoh Ibadah umat Kristen adalah Pendeta
pemimpin agama umat kristen protestan








Tempat Ibadah umat Kristen Protestan adalah Gereja Kristen.
gereja kristen protestan







Hari Besar Agama Kristen Protestan antara lain Natal, Paskah, Kenaikan Isa Almasih, Pantekosta.

Materi Pesta Siaga - Agama Kristen Katolik
kitab bibel umat katolik Kitab suci umat Katolik adalah Bibel atau disebut juga Al Kitab. Sepintas penglihatan mata bentuk kitab suci umat Katolik sama dengan kitab suci umat Protestan. Letak perbedaannya mungkin dari segi isi kitab suci itu sendiri.

gereja katolikTempat Ibadah Umat Katolik juga disebut Gereja. Secara bentuk bangunan tidaklah jauh berbeda, hanya saja pada dinding gereja umat Katolik ada Yesus yang disalib, sedangkan untuk gereja umat Protestan tidak ada.







Tokoh Agama Katolik adalah Romo dan Pastur. Seorang pastur atau romo adalah pemuka agama Katolik yang sudah membaktikan hidupnya hanya untuk Tuhan, tidak membutuhkan dunia; tidak menikah dan berumah tangga.
 romo pastur


Hari Besar Agama Kristen Katolik antara lain Natal, Paskah, Kenaikan Isa Almasih, Pantekosta, dan Jum'at Agung.

Materi Pesta Siaga - Agama Hindu 
Kitab Suci Umat Hindu adalah Weda
kitab suci weda]











Tokoh Umat Hindu - Pedande
pedande







 



Tempat Ibadah Umat Hindu adalah Kuil dan Pura
kuil pura









Hari Besar Agama Hindu adalah Nyepi, Galungan dan Kuningan


Materi Pesta Siaga - Agama Budha

Kitab Suci Umat Budha adalah Tri Pitaka
kitab tri pitaka









Tokoh agama Budha - Biksu
biksu biku









Tempat Ibadah umat Budha adalah Vihara

vihara budha











Sedangkan Hari Besar Umat Budha adalah Waisak dan Katina

Demikian uraian singkat Materi Pesta Siaga Bab Keimanan dan Toleransi Beragama, semua gambar yang ada pada posting ini bersumber dari pencarian Google. Sekian, mohon koreksi kekurangan ataupun kesalahan dalam kami menyampaikan materi, dan semoga bermanfaat.