Apakah Malam Lailatul Qadar Itu?

Pernahkah kalian membaca surah Al Qadar? Apa isi dari surah tersebut? Surah Al Qadar menjelaskan bahwa Allah SWT telah menurunkan Al Qur'an pada suatu malam kemuliaan yang disebut Lailatul Qadar. Pada malam itu kemulian tertinggi dianugerahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Pada malam Lailatul Qadar Malaikat Jibril turun ke bumi, Jibril menyatakan diri di Gua Hira' untuk menyampaikan wahyu yang pertama, yakni surah Al 'Alaq ayat 1 - 5. Nabi Muhammad SAW diutus sebagai Nabi dan Rasul, sekaligus sebagai penutup para Nabi dan Rasul (khottamil anbiya' wal mursalin).

ayat tentang lailatul qadar

Apakah Malam Lailatul Qadar Itu?
Pada surah Al Qadar ayat 3 dijelaskan bahwa Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan, yaitu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan atau sekitar 83,3 tahun. Selanjutnya pada ayat ke 4 disebutkan bahwa pada malam Lailatul Qadar malaikat-malaikat dipimpin Ruhul Qudus (Jibril) turun ke muka bumi untuk mengatur segala urusan. Pada malam lailatul qadar pahala ibadah dilipat gandakan, sebaliknya dosa maksiat juga akan berlipat. 

Sebagai penutup surah, pada ayat kelima Allah SWT menyatakan Waktu Datangnya Lailatul Qadar adalah pada malam yang sejahtera hingga terbit fajar. Cuaca pada malam lailatul qadar sejuk dan keadaan malam yang damai. Malam lailatul qadar terjadi pada bulan Ramadhan. Malam lailatul qadar terjadi pada tanggal-tanggal ganjil bulan Ramadhan, terutama pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.