Berapakah Tinggi Nabi Adam As?

Banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa-siswi Sekolah Dasar terkait Kisah Nabi Adam yang disampaikan gurunya saat mata pelajaran PAI berlangsung. Diantaranya yaitu mengenai postur tubuh atau tinggi badan Nabi Adam As. Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut kami paparkan hadits yang berhubungan dengan penciptaan nabi Adam As yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim.

tinggi badang dan postur tubuh nabi adam manusia pertama

Hadits Tentang Postur Tubuh Nabi Adam As
رَوَى البُخَارِي (6227) وَمُسْلِمْ (2841) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: خَلَقَ اللهُ آدَمَ عَلَى صُوْرَتِهِ طُوْلُهُ سِتُّوْنَ ذِرَاعًا، فَلَمَّا خَلَقَهُ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُوْلَئِكَ النَّفَرِ مِنْ الْمَلائِكَةِ، جُلُوْسٌ فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّوْنَكَ. فَإِنَّهَا تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلامُ عَلَيْكُمْ فَقَالُوْا السَّلامُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللهِ. فَزَادُوْهُ وَرَحْمَةُ اللهِ فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُوْرَةِ آدَمَ فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ بَعْدُ حَتَّى الآن.
Artinya:
Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW beliau bersabda: Allah SWT menjadikan Adam tingginya 60 hasta, kemudian (Allah SWT) berfirman: "Pergiah dan berilah salam kepada para malaikat, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepadamu. Itulah kehormatan untukmu dan keturunanmu", lalu (Adam) mengucapkan: Assalamu ‘alaikum, maka (para malaikat) mengucapkan: "assalamu alaika warahmatullah". (para malaikat) menambahkan: warahmatullah., maka setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal postur tubuh dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang.

Tinggi Nabi Adam As 30 Meter?
Nabi Adam as tingginya adalah 60 hasta
1 hasta  = 1,5 kaki
1 Kaki   = 30 cm
1 hasta  = 45 cm
Sehingga 60 hasta = 45 cm x 60 = 2700 cm atau 2.7 meter

Seorang ahli biologi dari Universitas Hebrew yang bernama Lesser berdialog dengan Dovid Brown seorang Rabbi Yahudi. Lesser bertanya kepada Rabbi berapa tinggi manusia pertama sesungguhnya. Rabbi itu menjawab bahwa tinggi manusia pertama adalah sama dengan tinggi rata-rata manusia sekarang menurut (Jewish Sages). 
Lesser membantah pendapat Rabbi Yahudi tersebut dengan menunjukkan fakta bahwa manusia saat  ini dianggap berasal dari hanya sepasang manusia pada awalnya, maka tinggi manusia yang terawal itu harusnya sekitar 90 kaki. Ini berdasarkan penelitian, manusia mengalami penyusutan tinggi badan yang disebut “genetic bottelneck”. Seandainya tidak ada terobosan di bidang gizi pada abad ke 17 dan 18, maka manusia akan jauh lebih pendek lagi dari tinggi rata-rata saat ini.
(the English section of the September 2001 issue of the Hebrew-English Israeli popular science journal “Ha-Mada Ha-Yisraeli B’Angleet V’Ivreet)
Yang menarik untuk dikaji yaitu apabila tinggi Nabi Adam As 30 meter, dan tinggi manusia saat ini 1,6 meter, maka tinggi Adam As kira-kira 18 kali lipat dari tinggi manusia sekarang. Jika tingginya 18 kali lipat maka otomatis lebar dan diameter tubuh, kepala, tangan, kaki, dan lain-lain juga 18 kali lebih besar.

Volume Otak Nabi Adam As
Volume otak manusia saat ini rata-rata adalah 1200 cc atau 1200 cm³, dengan hitungan perkiraan jari-jari otak 6,5 cm, diameter 13 cm. Jika perbandingan Nabi Adam As dengan manusia saat ini adalah 1 : 18, maka diameter otak nabi Adam adalah 13 cm x 18 = 234 cm, sehingga jari-jari otaknya yaitu 117 cm.

Volume otak Manusia biasa adalah sekitar 1200 cc atau 1200 cm³
Volume bola = 4/3 phi r³
Jari-jari : 117
4/3 . phi . 117³
1,33 x 3,14 x 117³ = 6.711.521,12 cm³
Maka, volume otak Adam As sebesar 6.711.521,12 cm³ atau 6.711.521,12 cc jika dibulatkan 6.711.521 cm³

Berdasarkan penelitian, di dalam otak manusia terdapat milyaran Neuron atau sel syaraf otak yang spektakuler, jika otak manusia yang hanya berukuran volume 1200 cc saja ada milyaran neuron, APALAGI OTAK NABI ADAM??

Volume otak manusia saat ini 1.200 cc jika dibandingkan dengan volume otak Nabi Adam 6.711.521,12 cc sama dengan 1 : 5.592. Berarti 5.592 otak manusia saat ini jika di abungkan menjadi satu baru dapat menyamai volume otak nabi Adam As. Kuantitas otak Adam As setara dengan 5.592 otak manusia saat ini. 
Sumber: http://www.gemasholawat.com/2011/12/adam-as-adalah-manusia-tercerdas.html

Wallahu a'lam bisshowab, demikian yang dapat kami sampaikan mengenai postur tubuh nabi Adam As, tinggi badan dan volume otak Nabi Adam As. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Amin