25/11/10

Macam-macam Puasa Sunah


Allah SWT menjadikan ibadah beraneka ragam yang tujuannya untuk menguji manusia, apakah akan menjadi pengikut hawa nafsu atau menjalankan perintah Allah SWT. Sebagian ajaran agama Islam ada yang berbentuk menahan diri dari hal–hal  yang disukai, seperti puasa atau lainnya.
Puasa berarti menahan nafsu dari hal-hal yang disukai berupa makanan, minuman, bersetubuh dan menahan dari hal-hal yang mengurangi  pahala dalam berpuasa, sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan mengharap ridlo Allah SWT.
Ibadah puasa dibagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Adapun puasa wajib adalah puasa Ramadlan, sedangkan puasa sunah diantaranya adalah:
  1. Puasa nabi Daud as., yakni sehari puasa dan sehari tidak puasa, 
  2. Puasa muharram pada tanggal 9 dan 10, 
  3. Puasa 6 hari di bulan syawal, 
  4. Puasa 3 hari pada tiap bulan, yakni pada tanggal 13, 14, 15 pada bulan hijriah yang dikenal dengan puasa putih atau berpuasa pada jum’at pertama yaitu senin dan kamis, serta jum’at ke dua yaitu setiap kamis. 
  5. Puasa sembilan hari di bulan dzulhijah, 
  6. Puasa fisabillillah.

2 Comments

avatar

mana kritik matan dan sanad hadits nya????

avatar

ariev_chan

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon