Cara Mengatasi Menu Download IDM Tidak Muncul

Kalau sebelumnya sudah dibahas tentang Cara Mengatasi IDM yang Selalu Meminta Serial Number, kali ini kami bagikan tips dan trik sederhana untuk mengatasi masalah IDM yang tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan pada browser Mozilla Firefox; Menu download IDM tidak muncul saat memutar video YOTUBE.COM atau memutar musik di 4shared.com, dan situs-situs lain.
Menu download this video tidak muncul
Beberapa browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Google Chrome versi terbaru akan melakukan pemblokiran pada software Downloader seperti Internet Download Manager dengan alasan demi kestabilan saat berselancar. Hal ini tentunya membuat Anda yang gemar mendownload dengan bantuan IDM merasa sedikit kesal karena software IDM tidak berfungsi/ tidak dapat digunakan.
Sebenarnya masalah IDM Tidak Berfungsi ini sangatlah mudah untuk diatasi. Salah satunya yaitu dengan memperbaharui Plugin Internet Download Manager pada browser Mozilla Firefox, dan IDM dapat digunakan kembali.

Untuk menginstal plugin IDMCC, silahkan anda kunjungi halaman IDM Integration Guide for Firefox atau klik tombol instal berikut :
IDM Integration plugin for firefox

Berikut langkah-langkah penginstalan Plugin IDM untuk Firefox:
  1. Pada bagian bawah halaman IDM Integration Guide temukan dan klik tombol INSTAL, seperti gambar di atas.
  2. Pilih open with, arahkan ke folder installasi firefox, dan buka dengan firefox.exe
  3. Tunggu beberapa saat hingga Plugin Internet Download Manager selesai diinstall, 
  4. Buka Menu Pengaya (Add-Ons) - Ekstensi, silahkan Enable atau Aktifkan IDM, dan restart Firefox Anda.
Selesai, IDM Anda sudah support dengan Mozilla Firefox dan pastinya menu Download This Video atau Download This Mp3 akan muncul lagi. 

UPDATE CARA MENGATASI MENU DOWNLOAD IDM TIDAK MUNCUL

Jika cara di atas belum mampu mengatasi masalah Menu Download IDM yang tidak muncul, silahkan lakukan langkah berikut:
  1. Perbaharui Adobe flash Player. Salah satu penyebab Menu Download IDM tidak muncul adalah karena versi Adobe Flash Player yang kadaluwarsa. Silahkan cek plugin flash player Anda, dan perbaharui bila perlu.
  2. Perbaharui Software Internet Download Manager. Browser terbaru akan dibekali pemblokiran software download manager seperti IDM. Nah, jika Anda senang menggunakan browser ter-update, maka jangan lupa untuk update download manager Anda. IDM terbaru silahkan Download DISINI !!
  3. Gunakan Browser Versi Lawas. Jika IDM dapat berjalan sebelum memperbaharui Browser, maka matikan saja automatic update pada setting Mozilla Firefox. Apabila Anda terlanjur menginstal Mozilla versi terbaru dan IDM tidak dapat digunakan maka lebih baiknya jika Anda meng-uninstal browser terbaru dan kembali menginstal browser versi lama.
  4. mengatasi IDM tidak dapat digunakan di firefox
    Demikian pengalaman pribadi yang dapat saya bagikan untuk mengatasi masalah Menu Download IDM Tidak Muncul atau IDM Tidak Berfungsi. Semoga bermanfaat.