Tradisi Jolenan Desa Sumongari Purworejo

Jolenan atau dikenal dengan nama Jolen merupakan tradisi merti desa yang dilaksanakan masyarakat  Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo sebagai wujud syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi Jolenan hampir sama dengan tradisi Nyadran atau Saparan yang dilaksanakan sebagian masyarakat di Jawa Tengah, hanya saja Jolenan ini dilaksanakan 2 tahun sekali, tepatnya pada bulan Sofar (Sapar). Kirap jolenan merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu masyakarat kabupaten Purworejo, tak jarang masyarakat dari luar daerah turut menyaksikan kirap Jolenan, sekedar penasaran ingin menyaksikan atau memang sengaja datang untuk ngalap berkah (Cari Berkah).

Secara fisik, jolenan atau jolen berbentuk piramida anyaman janur dan berisi berbagai makanan seperti tumpeng, ayam panggang, dan berbagai hasil bumi lainnya. Sementara di bagian luar, Jolen dihias dengan beraneka ragam hasil hutan seperti buah Durian, Manggis dan Kokosan, serta hasil industry rakyat. Di dalam jolen itu, tidak pernah ketinggalan makanan tradisional berupa kerupuk opak berbentuk bunga manggis dan durian yang ditancapkan memutar dan akan menjadi target rayahan warga. “Jika dinilai uang, setiap jolen rata-rata menelan dana antara Rp 400 hingga Rp 500 ribu,” kata Suyono Sudibyo seraya menambahkan, jolen yang berjumlah 45 buah itu dikirab keliling desa, sebelum akhirnya diperebutkan untuk warga masyarakat dan pengunjung. KR. Jogja

Kirap Jolen Merti Desa Sumongari Kaligesing Kab. Purworejo

Jolenan diarak mengelilingi desa Sumongari yang dipimpin Kepala desa Sumongari beserta perangkat desa dengan menunggangi Kuda hias. Berbagai pengiring turut memeriahkan acara Jolenan, mulai dari pemuda-pemudi, pelajar, drumb band, serta kesenian masyarakat seperti; kuda lumping, reog, ketoprak, ndolalak, dan lain sebagainya. Setelah diiring mengelilingi desa, Jolenan tersebut akan diperebutkan masyarakat dan para pengunjung di pendopo desa Sumongari (Kedono-Kedini).

Salah satu dokumentasi merti desa Jolenan dapat Anda saksikan pada Video Kirap Jolenan desa Sumongari tahun 2013 berikut:

Demikian post terkait dengan merti dusun Jolenan desa Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.