16/01/14

Tradisi Jolenan Desa Sumongari Purworejo

Jolenan adalah tradisi merti desa yang diselenggarakan oleh warga desa Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat dari Sang Pencipta. Tradisi Jolenan hampir sama dengan tradisi Nyadran atau Saparan yang dilaksanakan sebagian masyarakat di Jawa Tengah, hanya saja Jolenan ini dilaksanakan 2 tahun sekali, tepatnya pada bulan Sofar (Sapar). Kirap jolenan adalah salah satu acara yang ditunggu-tunggu warga desa Somongari kabupaten Purworejo, bahkan masyarakat dari luar daerah turut menyaksikan kirap Jolenan karena sekedar penasaran ingin menyaksikan atau memang sengaja datang untuk ngalap berkah (Cari Berkah).

Jolen Desa Sumongari Kaligesing Purworejo
Jolen adalah piramida anyaman janur yang berisi berbagai makanan seperti tumpeng, ayam panggang, dan berbagai hasil bumi masyarakat desa Sumongari. Sementara pada sisi luar dihias dengan beraneka ragam hasil kebun seperti buah Durian, Manggis dan Duku, serta hasil home industri warga. Di dalam jolen itu, tidak pernah ketinggalan makanan tradisional berupa kerupuk opak berbentuk bunga manggis dan durian yang ditancapkan memutar dan akan menjadi target rayahan warga. “Jika dinilai uang, setiap jolen rata-rata menghabiskan anggaran antara Rp 400 hingga Rp 500 ribu,” kata Suyono Sudibyo seraya menambahkan, jolen yang berjumlah 45 buah itu dikirab keliling desa Sumongari, dan pada akhirnya diperebutkan oleh warga Sumongari dan pengunjung.

Jolen diarak keliling desa Sumongari yang dipimpin Kepala Desa beserta seluruh perangkat desa dan tokoh setempat dengan menunggangi Kuda yang dihias. Berbagai pengiring juga turut memeriahkan acara Jolenan, mulai dari pemuda, pelajar, drumb band, serta kesenian tradisional masyarakat Sumongari, seperti; kuda lumping/ reog, ketoprak, ndolalak, dan lain sebagainya. Setelah diiring keliling desa, Jolenan tersebut akan diperebutkan masyarakat dan para pengunjung di pendopo (Kedono-Kedini) desa Sumongari.

Penasaran dengan tradisi Merti Desa Sumongari ini?
Silahkan hadir dan saksikan kirab Jolenan pada hari Selasa Wage pada bulan Safar.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon