Cara Mengaktifkan Kamus Bahasa Indonesia di Ms. Office Word

Kesalahan penulisan pada Microsoft Office Word merupakan hal yang sangat sulit dihindari, terlebih bagi kita yang baru belajar mengetik. Seringkali kita memasukkan karakter yang salah/ kesalahan dalam penulisan huruf, kesalahan penggunaan kata sambung, maupun melakukan penulisan kata ganda/ berulang. Untuk mendapatkan hasil pengetikan yang maksimal sesuai EJD, seseorang harus lebih hati-hati saat mengetik maupun melakukan koreksi penulisan setelah semua dokumen selesai diketik. Tentunya akan sangat menyita waktu dan membuat mata kita semakin lelah dengan meneliti satu persatu kata yang sudah kita tulis. 

Jangan Khawatir, pada post kali ini saya akan bagikan trik agar Anda dapat mengetik di Ms. Office Word dengan cepat tanpa khawatir terjadi kesalahan penulisan. Yah, disini akan saya bagikan KAMUS Bahasa Indonesia untuk Aplikasi Ms. Office Word. Secara bawaan sebenarnya Ms. Office Word yang terinstal di PC kita sudah dibekali dengan fitur Auto Corect, namun hanya memuat kata dan grammar bahasa Inggris. Jika fitur bawaan ini diaktifkan maka yang muncul pada dokumen yang kita buat adalah muncul garis ZIG-ZAG berwarna merah di bawah kata yang kita ketik. Hal ini menandakan ada kesalahan pada kata yang kita ketik. Mengapa demikian? Karena kamus bawaan Ms. Office Word adalah bahasa Inggris maka secara otomatis kata yang kita ketik dengan bahasa Indonesia akan terdeteksi sebagai kesalahan penulisan.

Nah, yang saya bahas disini adalah Bagaimana Cara Menambahkan Kamus Bahasa Indonesia di Aplikasi Ms. Office Word?

Sebelumnya silahkan perhatikan contoh penulisan yang saya buat di Ms. Office Word dengan fitur Kamus Bahasa Indonesia.
cara menghindari kesalahan penulisan di ms word

Kata yang saya lingkari pada gambar di atas merupakan salah satu contoh kesalahan dalam penulisan, dimana kurangnya huruf pada kata sehingga tidak sempurna dan penulisan kata ganda atau berulang.

Kesalahan-kesalahan seperti di atas sangatlah mengganggu kita saat mengetik, apalagi jika kita dikejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sangat penting, seperti menyusun skripsi, makalah dan penulisan karya ilmiah lainnya. Untuk itu perlu kiranya saya bagikan trik dan tips untuk mengurangi kesalahan penulisan pada Ms. Office Word, sehingga Anda tidak lagi harus melakukan pekerjaan ganda untuk meneliti/ membaca ulang apa yang sudah Anda ketik.

Dengan mengaktifkan fitur auto corect pada Ms. Office Word dan melengkapi kamus berbahasa Indonesia masalah tersebut dapat kita minimalisir. Tentunya kesalahan dalam penulisan akan sangat jarang terjadi. Ms Word akan otomatis membenarkan kata-kata yang kita ketik. Selain itu, pada kata-kata yang masih salah dalam penulisan akan terlihat garis zigzag warna merah di bawah kata tersebut. Untuk membenarkannya cukup mudah, kita hanya perlu <klik kanan> dan pilih kata yang sesuai. Anda juga dapat menambahkan kata-kata yang belum terdaftar dalam kamus Bahasa Indonesia seperti nama kota, nama pantai, nama gunung, dll.


membenarkan kesalahan ketik pada ms office word

Tentunya dengan auto corect bahasa Indonesia ini Anda juga dapat menulis sesuai dengan EJD yang benar. Anda tidak perlu membuka kamus untuk memilih tulisan yang benar, semisal pada kata "aktivitas" atau "aktifitas". Pada penggunaan kata sambung pun takkan lagi menjadi masalah bagi Anda.

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Corect Bahasa Indonesia pada Ms. Office Word

Berikut langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan kamus bahasa Indonesia dan menghindari kesalahan pengetikan pada Ms. Office Word.

Langkah persiapan silahkan Download dan Extract terlebih dahulu
Uproof Bahasa Indonesia untuk Ms. Office Word

Langkah Setting Auto Corect

  • Buka Windows Explorer (My Computer) - Pilih drive Operating System, biasanya drive C
  • Buka Users yang Anda gunakan (Misal: RELION) - AppData - Roaming - Microsoft - UProof
  • Paste semua isi Uproof yang sudah Anda extract tadi.
  • Setelah itu, silahkan Buka Ms. Office Word Anda
  • Klik pada tombol Start Menu Ms. Office Word pada pojok kiri atas, lalu pilih Word Option
  • Pilih Proofing dan Klik Add Dictionaries
cara menambahkan kamus pada ms word 2007
  • Berilah checklist pada semua Proof yang sudah Anda tambahkan tadi.
  • Klik OK dan Anda kini dapat menggunakan Microsoft Word dengan auto corect bahasa Indonesia.
Kendala Dalam Penginstalan Speeling Bahasa Indonesia
Beberapa kendala yang sering terjadi saat penginstallan UProof di Ms Office 2007 antara lain sebagai berikut:
Kamus Tidak Berfungsi atau Garis Zigzag Warna Merah tidak Muncul
Pastikan Anda mencentang opsi mark grammar errors as you type dan check grammar with spelling.

mengaktifkan kamus ms office word
Berdasarkan pengalaman, kamus ini juga tidak berfungsi jika Anda hanya menginstal beberapa aplikasi yang ada dalam paket Microsoft Office atau tidak secara full installation. Solusinya Adalah dengan Instal Ulang Ms. Office Anda dengan Full Installation lalu tambahkan Uproof tersebut.

Kamus yang sudah kita tambahkan tidak muncul pada setting proof
Berikut solusinya, Anda dapat membuat Proof baru dengan klik NEW lalu arahkan ke folder Uproof, klik semua sehingga ada 4 kamus; CUSTOM.DIC, INDOAA.DIC, INDOAB.DIC, dan INDOAC.DIC. Jika sudah Anda tambahkan silahkan buka Folder Uproof dan pastikan file Proof tadi tidak berubah ukuran menjadi 0 kb.
Jika file kamus pada UProof menjadi 0 kb silahkan buka kamus dengan Notepad lalu copy satu persatu (ISI) dari masing-masing Proof ke dalam kamus yang sudah Anda letakkan di folder Uproof. 
Cukup Mimbungkan Kah?
Silahkan dicoba, dan semoga berhasil!
Jika Anda mengalami kendala silahkan bagikan masalah Anda pada form komentar di bawah posting ini. Terima Kasih :D