24/06/15

Materi PAI Tentang Nuzulul Qur'an

Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, berikut kami bagikan ringkasan materi tentang Nuzulul Qur'an yang sekiranya cukup untuk disampaikan pada kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah maupun TPQ. 

Definisi Al Qur'an
Al Qur'an merupakan pedoman hidup umat Islam untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Al Qur'an adalah kumpulan firman Allah swt yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril dan membacanya termasuk ibadah. Setiap muslim wajib mempelajari, membaca, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Qur'an. Di dalam membaca Al Qur'an harus memperhatikan makhraj dan hukum bacaan (tajwid).

peristiwa turunnya al quran

Nuzulul Qur'an
Pristiwa turunnya wahyu Al Qur'an disebut Nuzulul Qur'an. Wahyu Al Qur'an pertama kali turun di gua Hira’ pada tanggal 17 Ramadhan. Surat yang pertama kali kali turun adalah surat Al-alaq ayat 1-5, sedangkan surat yang terakhir kali turun adalah surat al maidah ayat 3 bertepatan dengan peristiwa haji wada’. Wahyu Al Qur'an turun secara berangsur-angsur yakni selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Wahyu Al Qur'an di dua tempat yakni di Makkah=19 Juz (86 surat), sedangkan di Madinah= 11 Juz (28 surat). Al Qur'an terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.666 ayat.

Pahala Membaca Al Qur'an
Banyak manfaat dan hikmah membaca Al Qur'an, diantaranya sebagai berikut:
  1. Membaca Al Qur'an di luar sholat tanpa wudu pahalanya tiap huruf 10 kebajikan
  2. Membaca Al Qur'an di luar sholat dengan wudu pahalanya tiap huruf 25 kebajikan
  3. Membaca Al Qur'an di dalam sholat pahalanya setiap huruf 50 kebajikan
Sekian materi singkat terkait Nuzulul Qur'an, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada post selanjutnya.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon