27/06/15

Keutamaan Ibadah Sholat Tarawih dan Witir

keutamaan tarawih, pahala tarawih, manfaat tarawihPengertian Shalat Tarawih dan Witir
Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan (setelah shalat Isya') baik secara berjamaah maupun sendiri-sendiri (munfarid). Sedangkan shalat witir ialah shalat ganjil yang dilaksanakan pada malam hari setelah shalat isya'.

Hukum Shalat Tarawih dan Witir
Hukum shalat tarawih dan witir adalah sunnat muakad, artinya sunat yang dikuatkan mengerjakannya bagi laki-laki maupun perempuan, boleh dikerjakan sendiri (munfarid) dan lebih secara berjamaah.

Cara Melaksanakan Shalat Tarawih dan Witir
Niat Shalat Tarawih: 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tarowiikhi rok’ataini mustaqbilal qiblati ada-al-lillahi ta’aala

Sama dengan shalat sunah lainnya, shalat tarawih dilaksanakan dengan dua rakaat salam. Mengenai jumlah bilangan shalat tarawih ada beberapa pendapat yang dapat dijadikan acuan: ada yang mengerjakan shalat tarawih sebanyak 8 rakaat dan ada pula yang mengerjakan hingga 20 rakaat. Sedangkan jumlah rakaat shalat witir paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat (pada umumnya 3 rakaat). 

Untuk shalat tarawih dan witir secara berjamaah, jumlah rakaat bergantung pada iman dan bilal shalat tarawih yang memimpin ibadah shalat tarawih.

Hikmah Shalat Tarawih

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةََ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقََدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.  رواه البخارى و مسلم

'An Abiy Huroirota rodhliyallohu 'anhu, qoola: qoola Rasulullahi shollallohu 'alaihi wasallam: "Man Qoma Romadhona Imanan Wahtisaban Ghufiro lahu Maa Taqoddama Min Dzanbih". (rowahu syaikhoni)

Artinya: 
Dari Abu Hurairah ra. berkata: Nabi saw bersabda: "Barangsiapa mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan karena mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim).

Hikmah dan keutamaan Shalat Tarawih sangat banyak, maka dari itu jangan sampai kita terlewatkan dalam mengerjakan shalat tarawih selama satu bulan.Tiap-tiap malam bulan Ramadhan itu mempunyai keutamaan masing-masing, diantaranya:
  1. Keutamaan malam pertama; Sahabat Ali bin Abi Thalib ra. berkata; Nabi SAW pernah ditanya orang tentang keutamaan shalat tarawih di malam Ramadhan. Kemudian Nabi SAW menjawab: "Seorang mukmin yang mengerjakan shalat tarawih di bulan Ramadhan maka dosa-dosanya keluar pada permulaan malam Ramadhan, bagaikan hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya".
  2. Keutamaan malam kedua; dosanya dan dosa kedua orang tuanya (ibu bapaknya) diampuni, jikalau keduanya mukmin.
  3. Keutamaan malam ketiga; malaikat yang berada di bawah 'Arsy menyeru: "Tingkatkanlah amal! Allah SWT akan mengampuni dosa-dosamu".
  4. Keutamaan malam keempat; Di malam keempat, disediakan baginya pahala.
  5. Keutamaan Malam kelima; Pada malam kelima Allah SWT memberi kepadanya pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid adinah dan masjidil Aqsha.
  6. Keutamaan malam keenam; ALlah SWT memberikan pahala kepadanya seperti pahala orang yang thawaf di Baitul Mamur, dan setiap batu-batuan dan pasir memohonkan ampun baginya.
  7. Keutamaan malam ketujuh; Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mendapatkan pahala Nabi Musa as dan membantunya menghadapi Fir'an dan Haman.
  8. Keutamaan malam kedelapan; Pada malam kedelapan Allah SWT mengaruniakan kepadanya pahala seperti yang dikaruniakan-Nya kepada Nabi Ibrahim as.
  9. Keutamaan malam kesembilan; Pada malam kesembilan, seolah-olah ia telah beribadah kepada Allah Ta'ala seperti ibadahnya Nabi Muhammad SAW.
  10. Keutamaan malam kesepuluh; Pada malam kesepuluh, Allah Ta'ala karuniakan kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Keutamaan malam kesebelas; Pada malam kesebelas ia keluar dari dunia seperti hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya.
  12. Keutamaan malam dua belas; Pada malam kedua belas, akan datang di hari kiamat dengan muka yang bersinar laksana purnama.
  13. Keutamaan malam tiga belas; Pada malam ketiga belas ia datang di hari kiamat kelak dengan keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Keutamaan malam empat belas; Pada malam keempat belas, datang para malaikat menjadi saksi banginya bahwa ia benar-benar telah melaksanakan shalat tarawih. Maka karena itu ia tidak akan dihisab pada hari kiamat kelak.
  15. Keutamaan malam kelima belas; Pada malam kelima belas, para malaikat, malaikat penyangga 'Arsy dan Kursi, semuanya mendoakannya.
  16. Keutamaan malam enam belas; Allah mencatat baginya kelepasan dari neraka dan kebebasan memasuki surga.
  17. Keutamaan malam tujuh belas; Ia diberi pahala para nabi.
  18. Keutamaan malam delapan belas; Salah satu malaikat menyerukan kepadanya: "Wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah benar-benar telah meridhoi kamu dan meridhoi kedua orang tuamu".
  19. Keutamaan malam sembilan belas; Allah mengangkat derajat di dalam surga Firdaus.
  20. Keutamaan malam dua puluh; Ia diberi pahala para syuhada dan shalihin.
  21. Keutamaan malam dua puluh satu; Allah membangunkan baginya sebuah mahligai di dalam surga, yang terbuat dari cahaya.
  22. Keutamaan malam dua puluh dua; Ia datang di hari kiamat kelak dalam keadaan aman dari rasa susah dan cemas.
  23. Keutamaan malam dua puluh tiga; Allah dirikan baginya sebuah kota di surga.
  24. Keutamaan malam dua puluh empat; Diadakan baginya dua puluh empat doa mustajabah.
  25. Keutamaan malam dua puluh lima; Allah Ta'ala singkirkan siksa kubur darinya.
  26. Keutamaan malam dua puluh enam; Allah Ta'ala tingkatkan pahalanya, seperti pahala selama empat puluh tahun.
  27. Keutamaan malam dua puluh tujuh; Ia pada hari kiamat kelak akan melintasi titian mustaqim bagaikan kilat yang memancar.
  28. Keutamaan malam dua puluh delapan; Allah meninggikan derajatnya di dalam surga setinggi seribu derajat.
  29. Keutamaan malam dua puluh sembilan; Allah memberikan kepadanya pahala seribu haji yang mabrur.
  30. Keutamaan malam ketiga puluh; Allah Ta'ala berfirman: "Wahai hamba-hamba-KU, makanlah dari buah-buahan surga, mandilah dari Mata Air Salsabila, dan minumlah dari Telaga Kautsar. Aku Tuhanmu dan engkau hamba-Ku".
Demikianlah materi Keutamaan Ibadah Sholat Tarawih dan Witir yang dapat kami bagikan dan semoga bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua. Amiin