Cara Mengatasi OSD Locked LCD Monitor

Suatu hari, saya membeli sebuah LCD Monitor LG second dengan kondisi 95% normal dengan tampilan layar yang jernih tidak ada deat maupun dot pixel. Karena puas dengan kondisi LCD dan keterbatasan waktu saat bertransaksi, saya memutuskan untuk segera mengambil dan membayar LCD tersebut. Selang beberapa hari, saya gunakan LCD monitor tersebut dan ternyata saya mendapatkan masalah, yaitu muncul pesan OSD Locked saat saya menekan beberapa tombol menu yang ada pada panel LCD. Semua menu pada LCD LG Flatron W1953S yang belum lama saya beli tersebut tidak berfungsi sama sekali, berikut Screen Shootnya.


osd locked monitor lg aoc

Awalnya saya mengira kalau OSD Locked merupakan masalah yang muncul karena ada kerusakan pada tombol menu LCD tersebut, namun setelah saya cek ternyata semua tombol masih bagus dan keadaan LCD masih segel atau belum pernah dibongkar. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba memperbaiki sendiri ketimbang mengembalikan Unit LCD ke penjualnya. Saya coba mencari penyelesaian dengan bertanya pada mbah GOOGLE, dan ternyata sebuah posting Facebook yang muncul pada page teratas dengan tips dan trik yang benar-benar mampu menyelesaikan masalah OSD Locked ini. 

Posting facebook yang saya maksud adalah dari sebuah halaman Waroong.Net, yang memberikan tutorial Cara Memperbaiki OSD Locked sebagai berikut:
  1. Cara Satu: Hubungkan kabel power monitor dan hidupkan monitor. Tahan tombol Power sampai Anda mendapatkan pesan yang mengatakan "OSD unlocked". Jika masalah belum teratasi, cabut kabel monitor, tunggu 20 detik dan coba lagi. 
  2. Cara Dua: Hidupkan monitor dan tahan tombol Menu selama 10-20 detik. Coba tekan tombol menu.. kalo berhasil tulisan "OSD locked" tidak muncul lagi. Bila tidak berhasil
  3. Cara Tiga: Matikan monitor, tekan tombol Menu dan kemudian hidupkan monitor tapi tombol menu tidak dilepas. Tunggu 10-20 detik. cara ini seharusnya membuka OSD. Bila tidak berhasil
  4. Cara Empat: Tombol Menu mungkin terjebak dalam posisi yang ditekan dalam. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya Anda akan perlu membuka monitor. Hal ini bisa menjadi rumit kecuali anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Kalo Anda ragu, dan LCD masih garansi mendingan bawa ke toko tempat anda beli. 
Dari beberapa cara memperbaiki masalah OSD Locked di atas saya menggunakan langkah kedua, yaitu: Pada saat monitor dalam keadaan ON, tekan dan tahan tombol MENU hingga muncul pesan OSD Unlocked, kira-kira 5 - 10 detik. Berikut SS OSD Unlocked.
osd controls locked

Ternyata OSD Locked bukanlah masalah serius pada sebuah LCD, sama sekali tidak ada kerusakan hardware LCD yang saya miliki. Setelah saya baca di paparan Mister JE, ternyata OSD Locked tersebut merupakan fitur yang sengaja disediakan untuk mengunci pengaturan LCD, seperti Contrast, Bright, Color, dan lain sebagainya. Dengan mengunci pengaturan tentunya kita tidak susah-susah mengatur kembali tampilan LCD.

Sekian pengalaman saya mengatasi OSD Locked pada LCD Monitor, tentunya 4 cara tersebut di atas dapat mengatasi masalah yang sama untuk jenis LCD/ LED Monitor yang berbeda, tidak ada salahnya untuk mencoba, dan jangan sia-siakan uang Anda untuk membayar jasa service, atau bahkan menjual LCD Anda dengan harga murah hanya karena mengalami masalah OSD Locked. Sekian, semoga bermanfaat bagi yang berkepentingan, dan menjadikan amal untuk Waroong.Net dan Mister JE.