Font Arab Untuk Microsoft Word

Menulis Arab pada Microsoft Office Word merupakan salah satu hal yang gampang-gampang susah, terutama bagi seorang pemula seperti saya. Namun karena tuntutan, saya harus terus belajar untuk mendapatkan hasil terbaik. Pada posting kali ini saya bermaksud mereview beberapa Arabic Font yang biasa saya gunakan untuk mengetik pada Microsoft Word. Untuk dapat menggunakan Font-font Arab yang kami bagikan terlebih dahulu kita harus Mengaktifkan Arabic Font pada Microsoft Word.
Traditional Arabic Font merupakan font bawaan Windows yang paling bagus, meskipun ada beberapa kekurangan yang saya dapati pada font ini. Kekurangan itu antara lain pada penulisan harakat panjang atau harakat mad.  Sebagai contoh perhatikan lafaz Allah pada gambar berikut:

download font arab untuk ms word

Kelebihan Font Traditional Arabic
  1. Penulisan lafadz Allah terbentuk sempurna. Pada gambar di samping nampak bahwa penulisan lafaz Allah dengan font ini dapat ditulis dengan mudah. Ketika kita menekan tombol Alif, Lam, Lam, dan Ha', maka akan muncul tasydid dan harakat mad pada Lam Jalalah.
  2. Kemudahan saat ingin mencetak/ print adalah salah satu kelebihan font Traditional Arabic. Hasil cetak terlihat lebih rapi dan tentunya karena font ini bawaan Windows, Anda tidak perlu khawatir tulisan berubah format ketika dipindah ke komputer lain. Anda juga tak perlu menginstal font ini secara manual, karena font ini sudah satu paket dengan OS Windows.
Kekurangan Font Traditional Arabic 
  1. Lafaz Allah yang didahului harakat kasrah (Lillaahi) tidak tertulis dengan baik. Pada tulisan Arab di baris kedua, kata Walillaahi yang seharusnya menggunakan harakat Mad pada lam jalalah tidak dapat terbentuk otomatis, kita harus menambahkan harakat tasydid dan harakat Mad manual. Selain itu, tinggi huruf Lam pada lafaz Walillahi tidak sama dengan huruf Lam pada lafadz Allah yang ada di atasnya.
  2. Lafaz Allah yang digandeng dengan huruf lain tidak tertulis dengan baik. Tulisan Arab baris ketiga juga mengalami masalah, lafaz Allahumma seharusnya menggunakan harakat mad pada lam jalalah. Memunculkan harakat Mad di atas tasydid merupakan salah satu kendala yang saya hadapi ketika menulis Arab dengan Traditional Arabic.
  3. Harakat kasrah yang bersamaan dengan tasydid akan tetap berada di atas huruf, perhatikan lafaz Sholli pada kalimah paling bawah gambar di atas. Jika pada Al Qur'an harakat kasrah yang bersamaan dengan tasydid akan muncul di bawah huruf, tasydid di atas dan kasrah berada di bawah huruf.
Beberapa kekurangan font Traditional Arabic tersebut dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengucapan lafaz, terutama bila pembaca belum begitu paham dengan Hukum Bacaan Huruf Hijaiyah. Selain font Traditional Arabic, Simplified Arabic font juga merupakan salah satu font bawaan Windows yang cukup baik, meskipun saya lebih memilih Traditional Arabic untuk menulis Arab, termasuk di blog ini.