QS Al Maidah Ayat 3 Diturunkan Pada Tanggal Bulan Tahun

Salah satu Soal Ujian Akhir Sekolah Semester II mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar membuat beberapa anak kelas VI (Enam) kewalahan untuk mengerjakannya. Soal itu berkaitan dengan Qur'an Surat Al Maidah ayat 3. Adapun bentuk soal sebagai berikut: 
Al Qur'an surat Al-Maidah ayat 3 diturunkan pada tanggal... bulan... tahun...

kapan surat al maidah ayat 3 diturunkan

Memang sedikit rumit, karena soal di atas menanyakan tentang detail waktu turunnya ayat, bukan asbabun nuzul atau peristiwa yang berkaitan dengan turunnya QS Al Maidah (3). Siswa merasa pertanyaan di atas terlalu sulit, meskipun sebenarnya jawaban sudah ada dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas VI. Hadirnya Buku LKS dan USBN membuat kebanyakan siswa melalaikan untuk mempelajari Buku Paket PAI. Walaupun mereka paham jikalau QS Al Maidah ayat 3 diturunkan pada saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan Haji Wada', namun mereka tidak mengetahui secara detail kapan Haji Wada' berlangsung.
Jawaban untuk pertanyaan di atas dapat ditemukan pada buku Paket PAI Kelas VI terbitan Ar-Rahman - Surabaya, yaitu pada halaman 66 poin D. Pada buku dijelaskan bahwa bagian akhir QS Al Maidah ayat 3 yang berbunyi:

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيْتُ لَكُمُ اْلاِسْلاَمَ دِيْنًا

Artinya: 
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. (QS. Al Maidah : 3)

Potongan ayat QS Al Maidah ayat 3 tersebut diterima Nabi Muhammad SAW pada saat beliau melaksanakan Haji Wada' (Haji Perpisahan), yaitu pada saat Wuquf di Padang Arafah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijah tahun 10 Hijriah. (Buku PAI SD Kelas VI : 66)

Dengan demikian sudah jelas bahwa QS Al Maidah ayat 3 diturunkan pada:
Tanggal 9 bulan Dzulhijah tahun 10 Hijriah

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat, dan pada masa yang akan datang anak lebih siap dengan soal-soal seperti ini.