RPP dan Silabus PAI Kurikulum 2013 SD-MI

Sikap dan perilaku (moral) merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, terutama bagi anak didik, generasi penerus bangsa. Hadirnya Kurikulum 2013 memberikan harapan akan kembalinya masyarakat Indonesia pada moralitas dan budi pekerti yang luhur. Penilaian terhadap aspek Moral lebih ditekankan, yaitu 60% aspek moral dan sisanya untuk aspek pengetahuan dan ketrampilan. Selain penambahan materi Budi Pekerti pada mapel Pendidikan Agama, pada materi pelajaran umum (Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan lain sebagainya} juga disisipkan nilai-nilai moral yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa.

Kurikulum 2013 yang diharapkan dapat memperbaiki moral dan dan budi pekerti anak bangsa ini mengalami permasalahan dalam pelaksanaannya. Sebagian besar tenaga pengajar mengalami kesulitan pada tahap penilaian. Ribetnya lembar penilaian siswa menjadi salah satu faktor penghambat pelaksanaan kurikulum 2013. Terlebih bagi pendidik yang kurang menguasai teknologi, kurikulum 2013 justru akan menambah beban mereka, sehingga pembelajaran justru menjadi kurang maksimal.
Kurikulum 2013 dihentikan sementara, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, nomor 60 tahun 2014 tanggal 11 Desember 2014. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan dan sekolah-sekolah untuk sementara kembali menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kecuali bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang sudah melaksanakannya selama 3 (tiga) semester, satuan pendidikan usia dini, dan satuan pendidikan khusus. Penghentian tersebut bersifat sementara, paling lama sampai tahun pelajaran 2019/2020.(Wikipedia: Kurikulum 2013)

Melihat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di atas maka masih sangat mungkin Kurikulum 2013 akan kembali diaktifkan atau dilaksanakan pada semua jenjang pendidikan. Beberapa sekolah rintisan akan menjadi target uji coba kembali Kurikulum 2013. Untuk itu penting kiranya bagi Bapak/ Ibu tenaga pengajar SD/MI, SMP, maupun SMA untuk mempersiapkan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 agar lebih siap dan sukses dalam pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sesuai dengan judul pos ini, kami akan berbagi Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk Tingkat SD/MI. Silahkan Bapak/ Ibu unduh gratis dan semoga bermanfaat.


rpp silabus pai kurikulum 2013

RPP PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013


Perangkat Pembelajaran PAI Kurtilas untuk SD/ MI akan selalu kami update untuk Bapak/ Ibu sekalian. Sebagai pelengkap Perangkat Pembelajaran PAI tersebut akan segera kami bagikan bahan ajar PAI berupa Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk Kelas I - VI. Sekian, semoga bermanfaat.