Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini Pada TPA Syaamila Kids

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Penelitian 
Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi dan kemampuan. Semua potensi yang dimiliki anak harus dikembangkan secara optimal agar dapat berkembang dengan sebaik-baiknya. Secara singkatnya anak adalah bagian dari masa kini dan pemilik masa depan. Merekalah yang akan meneruskan kelangsungan bangsa ini, anak merupakan aset keluarga, masyarakat dan bangsa sehingga harus mendapatkan perawatan, pengasuhan serta pembinaan jasmani mental spiritual, sosial secara optimal sesuai dengan UU No. 4 tahun 1979 tentang kesejahteraan anak yang mengamanatkan bahwa orang tua adalah terwujudnya kesejahteraan anak baik jasmani mental spiritual maupun sosial.
Taman Penitipan Anak Syaamila Kids yang berada di Jl. Argoloyo Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, kota Salatiga di bawah naungan yayasan Mutiara Hati Beriman yang dipimpin oleh ketua yayasan Ustadz Haji Iskandar Al-Hasani S, M.Si. adalah wahana kesejahteraan sosial yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya berhalangan atau tidak punya waktu untuk memberikan pelayanan kebutuhan kepada anaknya.
TPA [Tempat Penitipan Anak] Syaamila yang berdiri pada tahun 2009 dengan jumlah guru TPA 2 orang guru untuk 1 kelas sedang untuk KB 6 orang guru untuk 2 kelas dan TK 6 guru untuk 2 kelas. Adapun tujuan didirikannya TPA ini adalah : 
  1. Membantu orang tua mewujudkan generasi yang sholeh dan cerdas 
  2. Bekerja sama dengan pemerintah untuk mensukseskan program pendidikan anak-anak usia dini 
  3. Mendorong masyarakat agar menjadikan al-Qur’an sebagai fondasi keluarga
Program S1 Pg PAUD Universitas terbuka menargetkan mahasiswanya menjadi tenaga pendidik PAUD yang profesional yaitu yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah dilakukan penelitian di TPA [tempat penitipan anak] yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan anak yang dianggap perlu diteliti lebih lanjut untuk selanjutnya dianalisis secara kritis khususnya di TPA Syaamila Kids.

B.    Fokus Penelitian 
Setelah diadakan observasi di tempat penitipan anak Syaamila Kids, maka penelitian ini berfokus pada “Bagaimana Meningkatkan Sosialisasi Anak Melalui Kegiatan Bermain” pada anak usia dini di taman penitipan anak Syaamila Kids Kec. Argomulyo kota Salatiga. 

C.    Tujuan Penelitian 
  1. Mengumpulkan data mengenai :
    -  Kegiatan yang dilakukan di tempat penitipan anak
    -  Upaya yang dilakukan untuk melatih kemandirian anak
    -  Upaya melatih sosialisasi anak dengan orang lain
     
  2. Membuat analisis kritis [analisis krisis] mengenai kegiatan tersebut
D.    Manfaat Penelitian 
Penelitian ini bermanfaat untuk : 
Bagi pengasuh 
  1. Meningkatkan upaya kegiatan bervariasi 
  2. Mengetahui lebih dalam tentang tujuan tempat penitipan anak 
  3. Meningkatkan pelayanan terhadap anak 
Bagi anak 
  1. Meningkatkan rasa percaya diri 
  2. Melatih keberanian 
  3. Melatih anak untuk bersosialisasi dan bertanggung jawab 
  4. Melatih anak memanfaatkan alat permainan yang ada 
Bagi Mahasiswa 
  1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis suatu masalah 
  2. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini  
  3. Melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah anak secara teliti
BAB II
LANDASAN TEORI

1.    Pengertian Kebiasaan
Menurut Burghadt 1975, mengemukakan bahwa kebiasaan itu timbul karena proses penyusutan kecenderungan respon dengan mengunakan stimulus yang berulang-ulang. Dalam proses belajar, pembiasaan meliputi pengurangan perilaku yang tidak diperlukan. Menurut Muhibbin Syah 2011:118 : Kebiasaan adalah proses kebiasaan-kebiasaan baru atau perbaikan. Kebiasaan-kebiasaan yang telah ada. Belajar kebiasaan, selain mengunakan perintah, suri teladan dan pengamalan khusus, juga mengunakan hukuman dan ganjaran. Menurut Hurlock 1956 : Pembentukan perilaku bagi Taman Kanak-kanak tidak dapat diajarkan secara langsung pada diri anak tetapi melalui pembiasaan dan rutinitas.


2.    Tujuan Pembiasaan
Tujuan kebiasaan adalah memberikan rasa puas pada diri sendiri dan dapat diterima di masyarakat memungkinkan terjadinya hubungan antara pribadi yang baik, saling percaya, saling mendorong, bekerja sama untuk kepentingan bersama.

3.    Prinsip-Prinsip Pembiasaan
Berbagai pembiasaan yang dapat dilakukan melalui kegiatan rutin dapat mempengaruhi pembentukan sikap perilaku anak. Pelaksanaan pembentukan perilaku melalui pembiasaan perlu memperhatikan prinsip-prinsip :
a.    Menciptakan pembelajaran yang kondusif.
b.    Memberi contoh atau te;ladan yang baik pada anak.
c.    Memberi kesempatan anak untuk mencoba berbagai hal berbicara dan berperilaku.
d.    Memberi motivasi pada anak.
e.    Memberi bimbingan.
f.    Pembiasaan berbagai perilaku yang di harapkan.

4.    Kegiatan Gosok Gigi
a.    Cara menggosok gigi
Menggosok gigi adalah melicinkan atau membersihkan gigi dengan tangan atau benda yang di sebut sikat gigi, dengan cara digesek-gesekan dari atas ke bawah secara merata pada gigi bagian depan, samping kiri kanan, gigi atas bawah serta bagian belakang, secara berulang-ulang.
b.    Tujuan gosok gigi
Tujuannya membersihkan gigi itu sendiri dari sisa-sisa makanan sehingga gigi akan terbebas dari kuman-kuman penyakit dan bau mulut tidak sedap.
Kebersihan gigi sangat penting disamping untuk penampilan juga untuk kesehatan, dengan demikian juga gigi dirawat atau digosok secara rutinitas (pagi, sore, makan sebelum tidur) akan terlihat putih, sehat, serta kuat.
 
BAB III
METODE PENELITIAN

1.    Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah anak-anak, pendidikan dan kepala KB Syaamila Kid’s.

2.    Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode interpretative yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena atau gejala yang diteliti di lapangan.

3.    Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah :
a.   Observasi yaitu untuk melihat fenomena-fenomena yang unik untuk diteliti.
b.   Wawancara yaitu menggali informasi lebih mendalam mengenai fokus penelitian.
c.   Dokumentasi yaitu untuk mengumpulkan bukti-bukti dan penjelasan lebih luas mengenai fokus penelitian.

DAFTAR PUSTAKA
  1. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (2008) oleh Siti Aisyah/ Psikologi Anak, Jakarta, Universitas Terbuka.
  4. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini oleh Winda Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis (2010), Universitas Terbuka; Jakarta.
  5. http://www.landasanteoripembiasaan.com.id
Demikian Tugas Akhir tentang Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini Pada TPA Syaamila Kids yang dapat kami bagikan. Untuk mendapatkan dokumen ini lengkap dengan pembahasannya, silahkan download dengan klik link di bawah ini:
Sekian, semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan referensi tentang Analisis PAUD lainnya, silahkan kunjungi artikel kami yang lain: